Mengintip Tren Penggunaan Teknologi Dalam Ekonomi Digital

Diposting pada
Mengintip Tren Penggunaan Teknologi Dalam Ekonomi Digital Mengintip Tren Penggunaan Teknologi Dalam Ekonomi Digital

Saat ini, hampir semua lini bisnis sudah mulai mengikuti keadaan dengan penggunaan teknologi digital. Ini terbukti dari bagaimana orang-orang bisnis sanggup memakai kemudahan internet untuk memaksimalkan penjualan mereka.

Tidak hanya itu, yang juga patut dicatat yakni perkembangan teknologi yang mendukung industri ekonomi digital. Teknologi ini tentu akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan dan tren yang berkembang di masyarakat.

Tren Teknologi Ekonomi Digital

Sebagaimana disimpulkan oleh satu perusahaan sekuritas, Accenture Technology Vision mengungkapkan bahwa ada tren teknologi tertentu yang akan berkembang selama beberapa tahun ke depan.

Penelitian tahunan yang melibatkan lebih dari 5.400 orang bisnis dan praktisi TI di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, mengungkapkan lima tren teknologi yang akan muncul sepanjang tahun dan berfokus pada konsep “Untuk Orang, Oleh Orang”.

Dengan tema yang disajikan yakni bahwa teknologi dibentuk tidak hanya untuk memudahkan insan tetapi juga bagaimana membuatkan potensi dari insan itu sendiri. Karena munculnya kecemasan ketika ini bahwa keberadaan teknologi akan benar-benar mengendurkan banyak kemampuan manusia. Bahkan ada prediksi yang mengherankan, yang di masa depan insan akan dikendalikan oleh teknologi.

Laporan itu menyatakan bahwa orang hari ini mulai melihat kehadiran teknologi dengan konsep “untuk orang-orang, oleh orang-orang” – di mana teknologi akan mengantisipasi kebutuhan masyarakat dan menawarkan pengalaman yang sangat pribadi.

Dipersembahkan oleh Paul Daugherty sebagai Chief Technology and Innovation Officer Accenture, penciptaan teknologi baru sebetulnya yakni pedang bermata dua. Di sisi lain ada potensi besar tetapi di sisi lain ada juga tantangan yang harus dihadapi.

“Karena tugas teknologi dalam mengubah cara kita hidup, bekerja, dan membuat peluang, tetapi teknologi juga membawa tantangan sosial. Oleh alasannya itu, orang mempunyai kendali untuk membuat perubahan yang memengaruhi kehidupan kita, dan kami percaya bahwa para pemimpin kami yakni pemimpin yang responsif dan bertanggung jawab sehingga untuk memastikan setiap teknologi baru akan mempunyai efek positif, “kata Paul.

Pada kesempatan yang sama, beberapa tren teknologi yang mungkin berkembang untuk mendukung keberhasilan ekonomi digital meliputi:

1. Kecerdasan Buatan

Telah disebutkan di beberapa artikel sebelumnya AI telah menjadi fenomena baru semenjak dikembangkan beberapa tahun lalu.

Kecerdasan buatan kini mulai meningkat, mengatasi problem dengan membuat interaksi lebih sederhana dan lebih cerdas. AI menjadi antarmuka pengguna baru (UI), mendukung cara kita bertransaksi dan berinteraksi dengan sistem. Selain itu, Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah menjadi pembicaraan hangat dalam beberapa tahun terakhir dan Indonesia telah menjadi salah satu negara yang mulai melirik.

2. Teknologi Berbasis Manusia

Sangat menarik untuk dicatat bahwa, tren pembuatan teknologi yang didasarkan pada pengembangan diri insan yakni suatu bentuk teknologi yang tidak hanya dibutuhkan tetapi harus dikembangkan. Teknologi ini akan mengikuti keadaan dengan cara kita berperilaku dan teknologi berguru dari insan untuk meningkatkan kualitas hidup, membuat orang lebih kaya dan merasa lebih puas.

Bahkan banyak direktur di Asia Tenggara yang mengklaim bahwa gagasan membuat teknologi berbasis insan yakni suatu keharusan. Namun yang tidak kalah penting yakni bab mana untuk melaksanakan pengawasan dan bimbingan semoga nantinya teknologi sanggup menawarkan hasil terbaik.

3. Layanan Terpadu

Saat ini, banyak yang telah membuat teknologi yang membuatnya lebih gampang untuk mengatur layanan semoga tidak terlalu lama. Teknologi semacam ini, beberapa tahun ke depan juga akan terus berkembang.

Karena perusahaan atau merek bisnis berusaha untuk membuat pelanggan lebih nyaman tanpa harus dipusingkan dengan banyak sekali mekanisme panjang.

4. Pasar Tenaga Kerja

Tren teknologi terbaru yakni Pasar Tenaga Kerja atau yang sanggup diartikan sebagai pasar pencari kerja. Ini sangat terlihat dengan berkembangnya banyak situs mencari pekerjaan yang sanggup dijadikan tumpuan untuk mencari tenaga kerja Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Teknologi semacam ini juga sanggup membantu pencari kerja untuk mendapat pekerjaan terbaik sesuai dengan bidang dan keahlian mereka. Di Indonesia sendiri, layanan semacam ini juga semakin banyak, terutama kebutuhan sumber daya insan untuk teknologi dan industri kreatif juga semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *