Kurang Fokus Dalam Bekerja, Lakukan Ini Tips Untuk Menjaga Konsentrasi

Diposting pada
 Lakukan Ini Tips Untuk Menjaga Konsentrasi Kurang Fokus Dalam Bekerja, Lakukan Ini Tips Untuk Menjaga Konsentrasi
Sebagai seorang pekerja, seruan untuk konsentrasi dan fokus konstan yaitu suatu keharusan. Namun seringkali untuk mendapat fokus dan konsentrasi bukanlah hal yang mudah. Secara umum, sebab beban kerja yang berat, sering menciptakan konsentrasi dan fokus kami menurun.

Meski dalam keadaan lelah, letih dan lesu, tentu saja, perusahaan tetap ingin Anda bekerja dengan maksimal dan fokus. Agar semuanya tetap fokus dalam pekerjaan, ada beberapa tips yang sanggup Anda lakukan. Lihatlah beberapa tips unik di bawah ini, mungkin Anda belum pernah mencobanya.

1. Terus Berusaha Fokus pada Tujuan

Langkah pertama bagi Anda yang kurang fokus pada pekerjaan yaitu melihat kembali apa yang ingin dicapai. Lihatlah ke depan, tujuan apa yang ingin Anda capai secara pribadi.

Sebaiknya jangan menghitung hasil yang telah dicapai, sebab apa pun yang Anda miliki kini tentunya sudah bermanfaat bagi hidup Anda selama ini.

Jika Anda menginginkan lebih banyak, maka Anda harus melihat kembali dan menyadari apa tujuan Anda bekerja.

2. Jangan Biasakan Melakukan Multitasking

Bagi sebagian orang, ia sanggup melaksanakan beberapa hal dalam waktu yang hampir bersamaan. Tetapi kebanyakan orang tidak bisa melaksanakan ini.

Alih-alih ingin menuntaskan banyak hal dalam waktu singkat, multitasking hanya akan menciptakan Anda tidak fokus dan tidak sanggup menuntaskan salah satu pekerjaan Anda dengan baik.

Jadi, mulai kini kita harus menghentikan kebiasaan multitasking.

3. ‘Bunuh’ Semua Gangguan di Sekitar Anda

Perangkat smartphone dan gadget lainnya sering kali menjadi pengganggu dalam pekerjaan. Jika Anda ingin fokus pada pekerjaan, Anda harus mematikan semua perangkat gadget yang sanggup mengganggu konsentrasi Anda.

Ketika Anda fokus untuk bekerja tanpa smartphone tidak berguna, Anda akan terkejut dengan peningkatan kualitas pekerjaan yang sanggup Anda lakukan.

4. Buat Daftar Tugas

Membuat daftar yang harus dilakukan yaitu salah satu cara yang sanggup kita lakukan untuk fokus melaksanakan hal yang paling penting terlebih dahulu. Meskipun beberapa orang sanggup fokus untuk bekerja tanpa daftar tugas, dengan daftar kiprah niscaya akan menciptakan kita sanggup menciptakan skala prioritas kerja.

Untuk melaksanakan daftar yang sanggup Anda lakukan pada malam atau hari sebelumnya. Akan lebih baik lagi bila daftar kiprah disertai dengan waktu penyelesaian target.

5. Minum Air Mineral secukupnya

Apa korelasi antara minum air mineral yang cukup dengan konsentrasi dalam bekerja? Tentu saja ada koneksi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Connecticut, seseorang yang kurang minum dan mengalami kekurangan cairan tubuh akan mengalami penurunan konsentrasi dalam bekerja.

Jadi, tidak heran ada iklan air mineral yang menyebutkan bahwa konsentrasi dimulai dari minum air mineral.

6. Permen Karet

Selain permen karet sanggup dinikmati, juga bermanfaat untuk meningkatkan fokus dalam bekerja. Beberapa penelitian mengatakan bahwa keefektifan mengunyah permen karet dalam meningkatkan fokus ini yaitu pada gerakan mengunyah dikala mengonsumsinya.

Bahkan disebutkan bahwa permen karet ini mempunyai tingkat efektivitas yang lebih tinggi daripada kafein. Namun perlu diingat bahwa imbas yang sanggup dihasilkan permen karet tidak bertahan lama, hanya bisa bertahan sekitar 20 menit. Karena itu, kita juga harus bisa menggunakannya dengan baik.

7. Melihat Gambar Binatang itu

Jangan meremehkan gambar, apalagi gambar binatang lucu, sebab ini mempunyai imbas positif. Melihat gambar binatang lucu berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Hiroshima di Jepang sanggup meningkatkan kinerja kerja. Bahkan melihat gambar binatang lucu ini bisa meningkatkan prestasi kerja mencapai 40%.

Dan luar biasa lagi, bukan hanya meningkatkan kinerja kerja, tetapi tingkat akurasinya juga bisa meningkat. Jadi, Anda bisa menghias ruang kerja Anda dengan aneka macam gambar binatang lucu mulai sekarang.

8. Sisihkan Waktu untuk Daydreaming

Salah satu konsentrasi konsentrasi dan fokus yang paling sering yaitu melamun. Apakah kita menyadarinya atau tidak, bengong telah menjadi benalu yang sering menjadi gangguan utama dalam mempertahankan fokus dan konsentrasi dalam pekerjaan.

Melamun bila kita tidak mengendalikannya akan sangat berbahaya dan sanggup menghancurkan rencana dan suasana hati dalam bekerja. Karena bengong sering menghabiskan banyak waktu kita tanpa kita sadari yang kemudian akan menciptakan kita menjadi malas dan kemudian menunda pekerjaan.

Untuk itu, ada baiknya bila kita menyediakan sedikit waktu luang untuk berangan-angan. Setengah jam sebelum tidur, misalnya, cobalah untuk mengistirahatkan otak dan memikirkan sesuatu selain bekerja.

Cara ini kemungkinan besar ketika Anda bekerja akan lebih fokus dan tidak gampang melamun.

9. Istirahat Setiap Jam

Istirahat selalu dibutuhkan sebab badan insan juga mempunyai batas kemampuan. Selain itu, otak kita, bila kita terlalu dipaksa untuk bekerja lebih keras daripada batas, itu akan sangat berisiko, Untuk itu, Anda benar-benar butuh istirahat untuk otak Anda.

Untuk otak dengan pekerjaan yang membutuhkan fokus tinggi, maka dibutuhkan istirahat yang efektif dan efisien. Untuk mencapai itu, Anda sanggup mencoba dengan melanggar setiap jam. Jeda, bila Anda memakai otak untuk berkonsentrasi selama berjam-jam, istirahat setiap jam akan sangat penting. Setiap satu jam, istirahat 5 sampai 10 menit.

Jika Anda bekerja menghadap ke komputer setiap jam, maka 5 sampai 10 menit sanggup Anda gunakan untuk sekadar berjalan ringan dan menggerakkan sendi-sendi tubuh.

10. Meditasi Cahaya

Salah satu cara yang sanggup Anda lakukan untuk menjaga konsentrasi dan fokus Anda yaitu dengan meditasi. Anda sanggup melaksanakan meditasi ringan di mana saja, bahkan di daerah kerja.

Konsep dasar dalam meditasi bukanlah mengosongkan pikiran, tetapi berkonsentrasi pada satu titik tertentu. Meditasi akan lebih baik bila Anda melakukannya secara teratur dan lebih baik bila dipakai sebagai kebiasaan.

Tidak butuh waktu usang untuk bermeditasi di daerah kerja, lakukan di sela-sela istri Anda dikala bekerja. Jika Anda sanggup bermeditasi dengan baik dan benar, maka konsentrasi Insyaallah dan fokus Anda akan terjaga dengan baik.

Jadi, lakukan kini biarkan saya berkonsentrasi untuk bekerja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *