Kumpulan Lengkap Kata-Kata Bijak Yang Penuh Motivasi Di Tahun 2019

Diposting pada
Kata Bijak yang Penuh Motivasi di Tahun Kumpulan Lengkap Kata-Kata Bijak yang Penuh Motivasi di Tahun 2019

Kehidupan insan tak terlepas dari aneka macam peristiwa, tantangan, rintangan, kesempatan, dan pengalaman. Semua itu bisa dijadikan pelajaran setiap insan untuk menjadi langsung yang lebih baik dari hari ke hari. Pengalaman ialah guru terbaik yang mengajarkan banyak hal, sehingga seseorang tidak jatuh di lubang kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Beberapa orang mungkin pernah mencicipi atau sedang menjalani fase kehidupan yang berat dan menyakitkan. Hidup menyerupai drama yang tak berkesudahan. Apalagi bagi mereka yang kurang bersyukur, niscaya akan menganggap bahwa kehidupan ini sebagai sebuah kutukan berat.

Bila Anda tengah mencicipi hal menyerupai itu, mungkin Anda membutuhkan kata-kata bijak soal kehidupan dari para tokoh dunia yang sanggup memotivasi diri. Kata-kata tersebut sanggup Anda renungkan sehingga menjadi materi introspeksi. Belajar dari kata-kata mutiara berikut ini, sanggup membantu hidup Anda dengan contoh pikir positif dan sikap yang lebih baik.

1. Hidup Ini Sederhana, Jangan Dibikin Rumit

“Hidup itu sederhana, kita yang membuatnya sulit.” – Confucius.

Tips: Hidup itu sederhana bila menjalaninya dengan kegembiraan dan kebahagiaan. Jalani saja porsi hidup Anda dan tidak ikut campur dalam kehidupan orang lain. Sederhana bukan? Tapi terkadang Anda terlalu masuk dalam urusan orang lain yang bukan potongan dari hidup Anda, sehingga hidup terasa sangat berat dan rumit. Kebiasaan bergosip, mencemooh, berucap jelek dan tidak benar kerap dilakukan. Anda menganggap diri Anda rendah. Inilah yang menciptakan hidup Anda terasa sulit.

2. Bahagia ialah Segalanya

“Hal yang paling penting ialah menikmati hidupmu, menjadi bahagia, apapun yang terjadi.” – Audrey Hepburn.

Tips: Karena hidup Anda bukan ditentukan oleh orang lain, jadi Anda harus bisa menciptakan jalan hidup Anda sendiri. Anda yang berhak memutuskan apa yang terbaik untuk Anda. Menjalani hidup yang Anda miliki sebaiknya diikuti dengan kebahagiaan yang bisa Anda dapatkan dari diri sendiri, keluarga, rekan, dan lingkungan sekitar. Tidak ada alasan untuk tidak senang bukan?

3. Hidup Bukan Soal Mencari Jati Diri

“Hidup itu bukan soal menemukan diri Anda sendiri, hidup itu menciptakan diri Anda sendiri.” -George Bernard Shaw.

Tips: Terkadang Anda terjebak pada satu frasa yang salah dalam hidup, yaitu fase mencari jati diri. Tidak ada jati diri yang hilang. Jati diri ada sebab dibuat oleh setiap orang, oleh Anda, bukan dibuat dan disembunyikan dari Anda, sehingga mereka harus mencari jati diri. Seperti apa diri Anda tergantung dari bagaimana Anda menentukan hal-hal apa saja yang kuat dalam kehidupan Anda. 

4. Hidup ialah Panggung Sandiwara Nyata

“Hidup ialah mimpi bagi mereka yang bijaksana, permainan bagi mereka yang bodoh, komedi bagi mereka yang kaya, dan peristiwa bagi mereka yang miskin.” – Sholom Aleichem.

Tips: Hidup bisa jadi suatu hal yang sangat menyenangkan atau bahkan sangat menyedihkan. Hal ini terjadi sebab perbedaan sudut pandang yang dipengaruhi latar belakang setiap orang. Untuk menciptakan Anda tetap bahagia, maka Anda harus mempunyai sudut pandang yang positif, menganggap bahwa hidup Anda patut disyukuri dan dinikmati dengan segala kebahagiaan, bukan hanya diisi dengan kemurungan dan murung berlarut-larut.

5. Hidup Penuh Misteri 

Kenyataannya, ada tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Hidup ialah pengendaraan yang ajaib dan tidak ada yang menjaminnya.” – Eminem.

Tips: Anda tidak bisa meramalkan masa depan, sekalipun dalam satu detik ke depan. Anda bisa saja berencana untuk menghabiskan waktu dengan siapa dan menyerupai apa, tapi Anda tidak bisa menjamin niscaya bisa melaksanakan hal tersebut dan berapa usang Anda akan hidup di dunia ini. Maka dari itu, nikmati kehidupan yang Anda miliki, bersyukur dan berbahagia dengan segala yang Anda punya akan membawa Anda pada hakikat kehidupan yang sesungguhnya.

6. Tujuan Hidup ialah Bahagia 

“Tujuan hidup kita ialah menjadi bahagia.” – Dalai Lama.

Tips: Kebahagiaan akan menciptakan hidup Anda lebih berwarna. Bahagia akan menciptakan Anda tetap bertahan meski sering mengalami kegagalan dalam hidup. Dengan membawa kebahagiaan setiap hari, setiap waktu, di manapun berada, Anda pun bergotong-royong sedang melawan hal-hal jelek yang ingin menciptakan Anda jatuh dan bersedih.

7. Cinta dan Ilmu Pengetahuan Bikin Hidup Lebih Baik

“Hidup yang baik ialah hidup yang diinspirasi oleh cinta dan dipandu oleh ilmu pengetahuan.” – Bertrand Russell.

Tips: Orang menamakan cinta sebagai sesuatu hal yang imajiner. Nyatanya, hal imajiner ini justru membawa Anda kepada kehidupan yang baik. Dengan cinta, Anda bisa mencicipi simpati dan empati, dan menciptakan hidup bahagia. Hidup bersama cinta dipandu dengan ilmu pengetahuan akan menciptakan hidup Anda seimbang.

8. Biarkan Kehidupan Mengalir menyerupai Air

“Hidup ialah serangkaian perubahan yang alami dan spontan. Jangan tolak mereka sebab itu hanya menciptakan penyesalan dan duka. Biarkan realita menjadi realita. Biarkan sesuatu mengalir dengan alami ke manapun mereka suka.” – Lao Tzu.

Tips: Membiarkan sesuatu hal mengalir secara alami, sama menyerupai halnya Anda mendapatkan kenyataan hidup yang Anda hadapi tanpa harus denial. Setiap dilema niscaya akan mendewasakan Anda. Anda tidak perlu murka dan menolak hal-hal yang terjadi pada Anda, sekalipun hal itu sangat menyakitkan bagi Anda. Di balik setiap peristiwa, ada hal-hal baru yang bisa Anda mengerti ketika Anda sudah bisa merelakan kenyataan sebagai sebuah kenyataan, bukan lagi sebagai mimpi.

9. Hidup Ini Singkat

“Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup anyir bunga sepanjang perjalanan.” – Walter Hagen.

Tips: Kehidupan Anda hanyalah sementara. Suatu ketika semua yang bernyawa niscaya akan mati dan kembali kepada pencipta-Nya. Jangan menjalani hidup Anda tanpa arti. Setidaknya, Anda bisa kembali dengan membawa kenangan baik dan tidak terlupakan. Anda tidak harus menjadi orang kaya untuk bisa menciptakan kenangan yang baik, tapi setidaknya bisa membuatkan kepada mereka yang membutuhkan.

Anda juga tidak harus bekerja setiap hari hingga larut malam hingga mengorbankan jam istirahat. Cukup kerjakan semampu dan sewajarnya tanpa harus kehilangan momen berarti bersama keluarga. Cintai hidup Anda, tetapi jangan terlalu menyayangi apa yang ada dalam hidup Anda, sebab Anda tidak pernah tahu kapan mereka akan berhenti menyayangi Anda.

10. Hidup ialah Cerminan Diri 

“Hidup ialah cermin dan akan merefleksikan kembali kepada para pemikir mengenai apa yang mereka pikirkan.” – Ernest Holmes.

Tips: Hidup terjadi dari apa yang Anda pikirkan. Ketika Anda berpikir bahagia, hidup Anda akan membahagiakan. Ketika berpikir sebaliknya, kenyataan akan menyerupai itu. Hidup layaknya sebuah cermin dan diri Anda ialah pikiran Anda sendiri. Untuk membuatnya nampak menarik dan menyenangkan, maka yang ada di dalam pikiran kita pun harus diselaraskan. Tidak ada orang yang senang ketika dalam pikirannya penuh dengan murung dan pikiran-pikiran negatif. Kebahagiaan hanya tiba pada mereka yang yakin bahwa hidup ialah sebuah berkat yang harus disyukuri.

11. Jalani Hidup Apa Adanya

“Saya mempunyai filosofi yang sederhana: isi apa yang kosong, kosongkan apa yang terlalu penuh, garuk mana yang gatal.” – Alice Roosevelt Longworth.

Tips: Tidak perlu menjalani kehidupan Anda secara rumit, jalani apa yang ada, lakukan apa yang perlu dilakukan, hindari apa yang menjadi hal buruk, dan berusaha menjadi orang yang terbaik bagi diri sendiri. Hidup hanya sesederhana itu, hidup tidak menuntut Anda menjadi orang yang jago di segala bidang dan untuk kepentingan orang banyak.

12. Sikapi Hidup dengan Positif

“Kehidupan ialah 10 persen apa yang terjadi pada Anda dan 90 persen ialah bagaimana Anda meresponnya.” – Lou Holtz.

Tips: Hidup Anda terjadi ketika Anda beraksi pada suatu hal yang bergotong-royong sederhana. Sesuatu yang baik bisa menjadi hal jelek bagi hidup Anda dan sesuatu yang jelek bisa memperlihatkan hal yang baik pada diri Anda. Hasil jadinya tergantung dari bagaimana Anda menyikapi keadaan dari suatu insiden yang terjadi pada diri Anda. Maka jangan heran ketika Anda mengetahui ada orang yang tetap senang meski dirundung banyak masalah. Mungkin Anda harus berguru bagaimana caranya menyikapi secara positif pada dilema yang negatif.

13. Keterbatasan Hidup ialah Perilaku yang Buruk

“Satu-satunya keterbatasan dalam hidup ialah sikap yang buruk.” – Scott Hamilton.

Tips: Hal yang paling membatasi Anda dengan kebahagiaan dalam hidup ialah sikap yang buruk. Perilaku yang jelek tidak pernah membawa Anda pada suatu keadaan yang baik dan menyenangkan. Anda akan dipenuhi oleh hal-hal yang tidak menyenangkan terus menerus dan efeknya akan membawa Anda pada insiden yang tidak pernah positif. Akhirnya, Anda merasa bahwa hidup Anda tidak menyenangkan dan sama sekali tidak membahagiakan.

14. Hargai Waktu Anda

“Seseorang yang berani membuang satu jam waktunya tidak mengetahui nilai dari kehidupan.” – Charles Darwin.

Tips: Waktu ialah potongan dari setiap orang yang tidak bisa diambil dan diputar kembali. Waktu ialah satu-satunya hal yang paling berharga sebab mempunyai waktu sama saja dengan mempunyai kesempatan untuk menciptakan hidup secara lebih baik. Namun ketika Anda dengan mudahnya membuang waktu satu jam hanya untuk berdiam diri saja, maka Anda tidak menyadari bahwa Anda telah membuang satu jam untuk menciptakan kebahagiaan.

15. Ubah Pikiran Anda untuk Hidup Lebih Baik

“Apa yang kita pikirkan menentukan apa yang akan terjadi pada kita. Makara bila kita ingin mengubah hidup kita, kita perlu sedikit mengubah pikiran kita.” – Wayne Dyer.

Tips: Pikiran ialah kunci dari terjadinya insiden dalam hidup Anda. Ketika Anda yakin bahwa hidup Anda menyenangkan, alam akan membantu Anda mewujudkan apa yang Anda pikirkan. Hal ini sangat penting untuk diterapkan bila Anda menginginkan hidup yang bahagia. Hidup yang membahagiakan tidak berasal dari orang lain, tetapi berasal dari diri Anda sendiri.

Selalu Bersyukur dan Berpikir Positif Kunci Kebahagiaan dalam Hidup

Dari sekian banyak kata-kata bijak mengenai kehidupan, pada pada dasarnya hidup hanya meminta Anda untuk menjalaninya dengan kebahagiaan dan kemampuan Anda. Selalu bersyukur dan berpikir positif merupakan kunci sukses dalam hidup. Selalu motivasi diri Anda untuk berperilaku baik, sehingga hidup Anda akan lebih bermakna dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *