Apa Itu Startup?

Diposting pada
 Mungkin masih banyak orang yang tidak mengerti istilah ini Apa itu Startup?

Apa itu Startup? Mungkin masih banyak orang yang tidak mengerti istilah ini. Kata Startup sendiri merupakan serapan dari bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai suatu organisasi baru atau usaha bisnis. Menurut Wikipedia, Startup mengacu pada perusahaan yang baru beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar ialah perusahaan yang baru didirikan dan sedang dalam tahap pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.


Definisi di atas mungkin lebih pada terminologinya, tetapi berdasarkan penulis akan lebih gampang kalau istilah Startup didefinisikan sebagai perusahaan baru yang sedang dikembangkan. Dimulai pada simpulan tahun 90an sampai tahun 2000, bersama-sama istilah startup banyak “dikawinkan” dengan segala sesuatu yang berbau teknologi, web, internet dan yang terkait dengan dunia. Kenapa ini terjadi?

Kembali untuk melihat kembali itu terjadi sebab istilah Startup sendiri menjadi terkenal secara internasional di dalam buble dot-com, kemudian apa lagi yang menggelikan dot-com itu? Fenomena buble dot-com ialah ketika pada periode itu (1998-2000) banyak perusahaan dot-com didirikan bersamaan.

Pada dikala itu perusahaan secara garang membuka situs web pribadi. Semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai bidang baru untuk memulai bisnis mereka. Dan dikala itu juga, Startup lahir dan berkembang. Namun berdasarkan Ronald Widha dari TemanMacet.com, Startup bukan hanya perusahaan baru yang bekerjasama dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk, tetapi juga sanggup berupa layanan ekonomi akar rumput dan akar rumput yang sanggup berdikari tanpa pinjaman yang lebih besar. dan perusahaan yang lebih mapan.

Setelah mengitari warta wacana Startup melalui pinjaman Google, ada warta wacana karakteristik perusahaan yang sanggup digolongkan sebagai stratup. Beberapa karakteristik perusahaan startup adalah:

  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • Jumlah karyawan kurang dari 20 orang
  • Penghasilan kurang dari $ 100.000 / tahun
  • Masih dalam proses
  • Umumnya beroperasi dalam teknologi
  • Produk dibentuk dalam bentuk aplikasi dalam bentuk digital
  • Biasanya beroperasi melalui situs web
Dari karakteristik ini mungkin tampak bahwa strat lebih cenderung kepada perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan web. Namun faktanya memang menyerupai itu, kini perusahaan yang biasa membuatkan label berjulukan Stratup ialah perusahaan yang bekerjasama dengan dunia tekno dan online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *