9 Taktik Pemasaran Produk Tidak Dikenal

Diposting pada
 Strategi Pemasaran Produk Tidak Dikenal 9 Strategi Pemasaran Produk Tidak Dikenal

Dalam memasarkan produk dari suatu merek, Anda akan memerlukan langkah taktik promosi yang sempurna pada target.

Dengan taktik promosi bisnis yang tepat, Anda akan menikmati kesuksesan dalam hal kesadaran merek. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapat kesempatan untuk mencapai sasaran penjualan Anda secara efektif.

Untuk mencapainya semua, pertimbangkan 10 kiat dari taktik pemasaran produk berikut!

1. Gunakan Media Sosial

Di periode mobile ini, media umum telah menjadi suatu keharusan untuk merek Anda.

Melalui media umum ibarat Facebook dan Twitter, Anda sanggup melaksanakan taktik promosi dengan memperkenalkan merek Anda dan juga produk yang ingin Anda pasarkan ke pengguna media sosial.

Dengan metode penggunaan media umum yang tepat, pendekatan Anda menjadi lebih pribadi dan juga menjadi ‘lebih dekat’ dengan sasaran pasar.

Tanpa pendekatan yang baik terhadap sasaran pasar Anda, semua jenis taktik pemasaran produk akan sulit dijalankan.

Terutama di periode digital dikala ini, di mana persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat, relasi yang baik dengan pelanggan akan menjadi nilai tambah untuk segala jenis bisnis.

 2. Menjadi Sponsor Peristiwa atau Kompetisi

Meskipun taktik pemasaran produk melalui media umum sangat efektif, jangan lupakan taktik pemasaran offline.

Menjadi salah satu penyelenggara kontes atau mensponsori salah satu kontes yang sedang direncanakan yaitu inovasi baru taktik pemasaran produk yang baik.

Dengan menampilkan logo Anda pada kontes atau balapan, maka merek yang akan Anda promosikan akan diketahui oleh pesaing.

Selain itu, tak jarang seseorang mencoba produk minuman atau masakan yang mensponsori acara. Mengapa?

Karena hanya produk masakan atau minuman yang dijual selama acara.

Jadi jikalau Anda ingin memasarkan produk ke bulat baru, menjadi sponsor program atau balapan yaitu salah satu cara yang efektif

 3. Berbagi Produk

Selain mensponsori acara, ada cara lain untuk memasarkan produk Anda secara efektif.

Apa yang mencegah seseorang membeli produk biasanya yaitu alasannya yaitu mereka belum pernah mencoba produk sebelumnya …

… atau alasannya yaitu tidak ada teman mereka yang mencobanya.

Jadi, jikalau merek Anda ingin memperkenalkan produk baru atau varian produk Anda, maka salah satu taktik promosi yang sempurna untuk dilakukan yaitu menyediakan produk eksklusif ke pasar sasaran.

Distribusi produk ini sanggup diberikan secara gratis dalam bentuk sampel atau tester.

Jika produk Anda digital dan taktik di atas tidak mungkin, ada cara lain ibarat berlangganan gratis atau uji coba gratis.

 4. Rekam Pelanggan / Target Pasar

Pemasaran produk Anda ke sasaran pasar yang sempurna yaitu yang terpenting dalam taktik pemasaran produk Anda.

Oleh alasannya yaitu itu, mengumpulkan data pelanggan yaitu kegiatan yang sangat direkomendasikan.

Pada dikala proses pengenalan produk atau penjualan, pastikan Anda mendapat data pelanggan sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga akan mempunyai kegunaan untuk taktik promosi dan planning perusahaan selanjutnya.

Banyak yang sanggup dilakukan untuk menangkap data pelanggan Anda secara akurat, contohnya dengan mensurvei pemrosesan data online melalui media sosial.

Data sanggup dipakai secara efektif dalam membentuk taktik pemasaran produk Anda-dari aspek bahasa, teknik pemasaran, dan jenis produk yang Anda tawarkan.

 5. Berikan Insentif untuk Setiap Rekomendasi

Word of mouth yaitu salah satu jenis pemasaran yang sangat efektif.

91% pembeli lebih cenderung percaya membeli produk yang direkomendasikan teman mereka.

Untuk mendukung pemasaran produk dari lisan ke mulut, berikan insentif untuk pelanggan setia Anda yang memperlihatkan rekomendasi kepada pelanggan potensial lainnya untuk memakai produk dari merek Anda yang dipasarkan.

Insentif sanggup diberikan dalam banyak sekali bentuk, ibarat kupon diskon, sejumlah uang, atau produk Anda sendiri.

Dengan cara ini, pelanggan setia Anda akan terus memakai dan semakin bersemangat untuk merekomendasikan produk Anda. Ini tentunya merupakan salah satu taktik promosi terbaik!

6. Tempatkan Produk di Tempat yang Tepat

Selain memasarkan produk ke pasar sasaran yang tepat, penempatan produk yang baik juga sangat penting.

Anda cukup memindahkan produk Anda untuk ditempatkan di antara dua jenis produk lain yang melengkapi jenis produk yang Anda jual.

Misalnya, jikalau Anda menjual alat baterai, itu akan mengundang pembeli ketika ditempatkan di sebelah produk elektronik.

Dengan memanfaatkan lokasi produk di toko, tentunya ini menjadi taktik pemasaran produk yang jitu.

 7. Melakukan Kegiatan Amal / CSR (Corporate Social Responsibility)

Siapa yang tidak suka produk yang identik dengan karakteristik cerdas atau ramah lingkungan?

Salah satu yang memicu pelanggan untuk membeli produk Anda yaitu jikalau mereka berpikir bahwa mereka telah menciptakan keputusan pembelian menurut informasi.

Salah satu taktik promosi yang memanfaatkan psikologi ini yaitu untuk memperlihatkan rasa peduli merek Anda perihal isu-isu di sekitar masyarakat yang biasanya ditunjukkan melalui kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility).

Contohnya yaitu memakai konten yang ramah lingkungan atau dengan mengumpulkan dana untuk disumbangkan ke komunitas atau organisasi.

Namun label ramah lingkungan harus benar-benar terkandung dalam produk Anda, jangan berbohong kepada pelanggan hanya untuk taktik pemasaran produk Anda.

Dengan kegiatan ini, merek Anda akan mendapat label yang baik dan disukai oleh komunitas.

 8. Gunakan Barang Promosi

Di atas telah dibahas bahwa salah satu taktik pemasaran produk yang efektif yaitu mendistribusikan sampel gratis.

Selain mengeksekusi taktik pemasaran Anda dengan cara ini, Anda juga sanggup mengembangkan barang-barang promosi ibarat T-shirt, kalender dan merchandise lain yang termasuk logo merek Anda.

Jadi ketika item promosi dipakai oleh seseorang, maka item tersebut telah mengingatkan orang di sekitar untuk memakai produk dari merek tersebut.

 9. Mengatur Acara untuk Menghargai Pelanggan

Sebagai ucapan terima kasih atas kesetiaan pelanggan Anda,

Atur program khusus hanya untuk pelanggan setia dari produk yang Anda promosikan.

Susun program menarik, banyak hadiah dan tidak ada bilik untuk dijual dan tanpa harus memaksa penerima untuk membeli sesuatu di program tersebut.

Acara ibarat ini sanggup berupa lokakarya, gala dinner, atau mengundang pelanggan setia Anda ke peluncuran produk atau program ulang tahun Anda.

Dengan taktik promosi melalui acara-acara ini, kesetiaan penerima program akan meningkat dan demikian pula kepuasan pelanggan dengan merek Anda.

Dari 9 taktik pemasaran produk yang dijelaskan di atas, Anda sanggup melaksanakan banyak sekali kombinasi untuk menciptakan pemasaran produk Anda menarik dan mengundang penonton.

Misalnya, Anda sanggup mengembangkan merchandise dengan pelanggan yang telah mengisi survei Anda.

Mudah dan juga menarik untuk dicoba, bukan?

Namun, sebelum taktik pemasaran produk yang ingin Anda jalankan dimulai, pastikan hal-hal ibarat logo perusahaan, desain label dan juga brosur / poster yang akan dipakai telah dirancang dengan baik.

Dalam e-book di bawah ini kami memperlihatkan panduan perihal 5 elemen branding yang harus Anda siapkan dalam taktik pemasaran produk Anda … agar bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *