5 Teknik Peeping Gerakan Pesaing Bisnis Anda

Diposting pada
 Teknik Peeping Gerakan Pesaing Bisnis Anda 5 Teknik Peeping Gerakan Pesaing Bisnis Anda

Pesaing bisnis hampir niscaya akan selalu ada di setiap aspek dan jenis bisnis. Seunik apa pun jenis bisnis Anda, saya pikir Anda harus selalu siap dengan persaingan. Sebagai pebisnis profesional, Anda tidak perlu terlalu khawatir ihwal keberadaan pesaing di sekitar Anda sebab persaingan ialah hal yang masuk akal dalam bisnis.

Yang perlu Anda lakukan ialah melaksanakan yang terbaik dan yang terbaik untuk bisnis Anda. Bahkan, tidak jarang kehadiran pesaing atau pesaing akan membuka banyak inspirasi atau taktik kreatif yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya.

Jadi untuk menghadapi konsumen, Anda sebagai pengusaha harus bersaing dengan cara yang sehat. Namun kalau Anda masih belum yakin dengan cara ini, Anda sanggup menjalankan teknik pengamatan pergerakan pesaing yang sanggup menjadi solusi bagi Anda untuk memenangkan persaingan. Bagaimana cara mengetahui pergerakan pesaing bisnis? Berikut ulasannya.

1. Menjadi Konsumen Bayangan

Teknik pertama untuk sanggup mengetahui pergerakan pesaing ialah menjadi konsumen bayangan (ghost shopping). Istilah belanja hantu sudah biasa ditemui dalam bisnis. Ini ialah teknik yang biasanya dilakukan oleh administrasi untuk mengetahui kinerja karyawan di perusahaan dalam melayani konsumen.

Selain memonitor kondisi internal perusahaan, belanja hantu juga sanggup Anda gunakan untuk mengetahui pergerakan pesaing bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan dalam hal ini ialah menjadi konsumen bayangan dengan fokus untuk mencari gosip sebanyak mungkin dari pesaing. Dengan cara ini, Anda benar-benar akan tahu seluk beluk pesaing Anda dan Anda akan mempunyai peluang besar untuk melampaui langkah bisnis mereka.

2. Perhatikan Fitur Penunjuk Pesaing Bisnis

Fitur Bookmarks di situs web pesaing ialah alat yang sanggup Anda gunakan untuk memantau pergerakan bisnis mereka. Oleh sebab itu Anda tidak perlu ragu untuk mem-bookmark situs web mereka. Dengan cara ini, Anda akan selalu mendapat info terbaru dari pesaing Anda dalam gerakan bisnis.

Informasi ihwal perusahaan pesaing ialah hal yang berharga bagi Anda untuk sanggup menemukan celah kelemahan atau untuk melaksanakan manuver bisnis melalui gerakan pesaing. Poin penting dalam melaksanakan teknik ini, jaga identitas Anda yang tidak dikenal pesaing.

Jangan memakai identitas perusahaan untuk menandai situs web pesaing. Anda harus memakai identitas lain yang tidak terkait dengan pesaing Anda sehingga Anda tidak dicurigai menjadi jasus oleh pesaing Anda.

3. Jangan Meremehkan Kekuatan Media Sosial

Selain mem-bookmark situs web, untuk sanggup mengetahui pergerakan bisnis pesaing, Anda sanggup mengikuti akun media umum yang dimiliki oleh pesaing. Media sosial sekarang menjadi pilihan perusahaan untuk mempromosikan bisnis dan aktivitas bisnis.

Jadi saat Anda mensosialisasikan akun media umum mereka, Anda akan secara otomatis mendapat gosip terbaru dari pesaing di dinding media umum atau beranda mereka. Tetapi biar efektif, taktik ini harus sekali lagi dilakukan tanpa melibatkan identitas perusahaan sehingga Anda tidak dicurigai menjadi jasus atau jasus oleh pesaing.

4. Buat Forum Bisnis

Teknik selanjutnya untuk sanggup mengetahui pergerakan pesaing bisnis ialah dengan menciptakan lembaga bisnis. Meskipun ini tidak akan pribadi bekerjasama dengan pesaing, tetapi Anda sanggup mendapat banyak gosip terkait dunia bisnis dan juga pergerakan pesaing yang diinformasikan oleh anggota.

Yang perlu diingat dari lembaga bisnis ini ialah Anda harus sanggup menjadikannya sebagai lembaga yang terbuka. Jangan pernah menciptakan lembaga yang mengatakan bahwa Anda ingin tahu pergerakan pesaing.

Ini akan menciptakan Anda kehilangan gambaran dan pamor. Biarkan lembaga berjalan dengan sendirinya, mungkin suatu hari seseorang dengan kesadarannya sendiri memposting gosip ihwal pesaing yang berharga bagi Anda.

5. Libatkan Konsumen

Hail, untuk sanggup mengetahui pergerakan bisnis pesaing ialah dengan melibatkan konsumen. Caranya, Anda tinggal mewawancarai atau bahkan mengirim email kepada mereka terkait pertanyaan ihwal produk yang Anda pemasaran.

Buat pertanyaan umum dan gratis. Jika bisa, jangan juga mengatakan identitas perusahaan untuk melaksanakan survei ini. Ini dilakukan biar konsumen mau terbuka terhadap situasi bisnis di sekitar produk yang Anda jual. Ketika konsumen menyebutkan produk Anda atau produk pesaing, maka di situlah gosip berharga yang sanggup Anda peroleh untuk pengembangan bisnis dan perusahaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *