5 Faktor Utama Yang Menjadi Pendorong Adanya Perdagangan Internasional

Diposting pada
 Faktor Utama yang Menjadi Pendorong Adanya Perdagangan Internasional 5 Faktor Utama yang Menjadi Pendorong Adanya Perdagangan Internasional
Kasus pengenaan tarif impor tinggi yang dihembuskan oleh Presiden AS Donald Trump kepada negara-negara kawan dagangnya, terutama China, dikhawatirkan akan memicu perang dagang antara negara-negara di dunia.  Sebelumnya, AS menawarkan tarif impor untuk produk panel surya dari China, lalu menyusul untuk baja dan alumunium. Diperkirakan akan segera menyusul 100 produk lainnya dari China akan dikenakan tarif impor tinggi.  Trump sesumbar, perang dagang yang dihembuskannya baik dan gampang untuk dimenangkan. Walaupun, banyak negara lain tidak oke pada praktik dagang Trump ini.Mengapa terjadi perdagangan di dunia? terutama kenapa ada ekspor dan impor? Begini ulasannya. Setiap insan niscaya mempunyai jalinan atau korelasi persahabatan satu sama lain untuk terus berkembang. Sama halnya dengan negara.  Antara negara satu dan negara lainnya yang juga membutuhkan jalinan kolaborasi dalam beberapa hal penting terkait dengan urusan kenegaraan. Salah satunya ialah korelasi perdagangan. Nah, jikalau korelasi perdagangan ini sudah melibatkan negara-negara lain, sanggup dikatakan korelasi ini sebagai perdagangan internasional.Perdagangan internasional ini sanggup diartikan sebagai acara jual beli barang atau jasa yang terjadi antarnegara sesuai dengan janji bersama.  Perdagangan internasional bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan tiap-tiap negara sekaligus juga mencari laba guna meningkatkan pendapatan negara. Ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. Berikut ialah faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. 

1.Pemanfaatan Pengetahuan dan Teknologi 

Jika suatu negara mengandalkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang baik, tentu akan memperbanyak jumlah produksi barang atau jasa dengan mutu dan kualitas jauh lebih baik dibandingkan negara lainnya. Negara yang memanfaatkan pengetahuan dan teknologi pastinya akan mempunyai sistem dan mesin produksi berteknologi canggih dalam memproduksi barang atau jasa dalam jumlah besar dengan waktu yang singkat. Tentu hal ini akan menghemat biaya produksi dan juga efisiensi waktu.

2.Ketersediaan Sumber Daya Alam yang Berbeda  

Faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional selanjutnya ialah adanya perbedaan kekayaan sumber daya alam. Setiap negara pastinya mempunyai perbedaan kondisi geografis yang menimbulkan  terjadinya perbedaan kekayaan sumber daya alam. Karena itu, setiap negara mempunyai variasi dalam memproduksi barang atau jasanya tergantung dengan sumber daya alam yang dimiliki negara masing-masing. Contohnya, Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah pada sektor kelautan dan gas bumi. Tentu hal ini akan sangat besar lengan berkuasa bagi perdagangan Indonesia ke luar negeri atau yang sering disebut sebagai acara ekspor. 

3.Belanja Berdasarkan Tren dan Gaya Hidup

 Tren dan gaya hidup juga sanggup menjadi salah satu faktor yang mendorong  terjadinya perdagangan sosial. Misalnya, ada orang yang menyukai produk fashion yang bermerek ternama luar negeri daripada produk dalam negeri. Jika sangat banyak orang yang mempunyai tren serupa, fashion tersebut akan menjadi kebutuhan dan dicari banyak orang. Karena itu, negara tersebut perlu mengimpor produk fashion tersebut dari luar negeri yang dimaksud.

4.Ekspansi Pasar untuk Perbesar Keuntungan 

Salah satu faktor pendorong suatu negara untuk melaksanakan perdagangan internasional ialah perluasan pasar dan perbesar keuntungan. Ketika membicarakan soal perdagangan, tentunya akan ada yang namanya laba dan kerugian. Nah, pastinya laba menjadi tujuan utama suatu negara melaksanakan perdagangan internasional. Jadi, banyak produsen mengambil risiko untuk memproduksi banyak barang untuk diimpor atau diekspor ke negara lain semoga namanya dikenal dan tentunya menerima laba yang lebih banyak. 

5.Plus Minus Produk yang Dibuat Suatu Negara

 Adakalanya suatu negara melaksanakan produki barang tertentu secara besar-besaran sebab adanya faktor lain yang mendukung sehingga menjadikan kelebihan produk. Untuk menghindari kerugian dari kelebihan produk tersebut, para produsen di negara tersebut menentukan untuk mengekspor barangnya ke sektor yang lebih luas, yaitu negara lain. Juga sebaliknya, jikalau suatu negara kekurangan produk sebab beberapa faktor yang tidak mendukung produksi, tentu negara tersebut membutuhkan barang impor dari negara luar. Karena itu, plus dan minus produk sanggup menjadi faktor yang mendorong perdagangan internasional. Cara Menghindari Kerugian  Dalam perdagangan sendiri, tentu ada laba dan kerugian yang akan didapatkan dari pihak produsen yang berdagang, baik dalam maupun luar negeri. Untuk menghindari kerugian tentu setiap produsen harus tahu betul mengenai administrasi keuangannya. Bahkan, sebelum memulai bisnis tersebut, sudah seharusnya pebisnis tahu secara matang wacana taktik administrasi keuangan dari bisnis yang digeluti. Selain itu, adanya perdagangan internasional ini juga membantu produsen dalam negeri untuk dikenal pasar dunia.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *