5 Diam-Diam Kesuksesan Jack Ma, Orang Terkaya Di Tiongkok

Diposting pada
Orang terkaya di China dan pemilik Alibaba 5 Rahasia Kesuksesan Jack Ma, Orang Terkaya di Tiongkok
Orang terkaya di China dan pemilik Alibaba.com Jack Ma sebelum mencapai kesuksesan dengan raksasa e-commerce yang ia dirikan telah beberapa kali melalui banyak sekali kegagalan dan kesulitan cukup lama.

Namun berkat ketekunannya, ia kini telah menjelma orang yang sangat sukses dan menempati peringkat ketujuh sebagai orang terkaya di dunia di bidang teknologi majalah Forbes.

Pada tahun lalu, ia mencatat pendapatan sebesar US $ 23 miliar. Namanya juga terdaftar sebagai orang terkaya di Cina.

Jadi apa belakang layar kesuksesan Jack Ma membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di dunia? Berikut ialah lima kunci sukses menyerupai yang dilaporkan oleh situs Inc:

1. Orang-orang perlu mempercayai Anda

Dari karyawan sampai investor, orang menaruh banyak harapan pada Anda, sehingga orang harus memercayai Anda. Ma menyampaikan bahwa kepercayaan ialah penggalan integral dari kesuksesan Alibaba.

“Keyakinan ini menciptakan kita bersatu,” katanya. “Sebanyak 18 investor mempercayai saya, dan alasannya mereka mempercayai saya, saya harus sangat setia kepada mereka dan setia pada misi yang mereka miliki.”

Menurutnya, kepercayaan dan misi perusahaan yang diberikan kepadanya ialah hal yang paling berharga untuk dijaga.

2. Lupakan kompetisi, fokus pada pelanggan Anda

Ma tidak terlalu khawatir perihal kompetisi Alibaba. Semua yang dilakukan Alibaba tergantung pada kebutuhan pelanggan. Alasannya sederhana, yaitu untuk menjaga pelanggan dalam jangka panjang, kepuasan pelanggan harus sesuai dengan keputusan yang Anda buat.

Jika pelanggan menyampaikan ‘Jack Anda harus membangun lebih banyak gudang,’ maka ia akan mencoba membangun gudang, hal itu dilakukan bukan alasannya ada uang, tetapi semua yang dilakukannya diperlukan.

Ketika ditanya siapa yang dilihatnya sebagai pesaing Alibaba, Ma menyampaikan bahwa beliau tidak tahu. “Sebagai seorang wirausahawan, jangan memandang tetangga Anda sebagai pesaing, jangan fokus pada pesaing Anda, alasannya itu terlalu kecil, tetapi fokus pada pelanggan Anda, alasannya menciptakan pelanggan yang senang ialah penting,” jelasnya.

3. Pikirkan bisnis Anda secara global

Bagi Ma, masa depan ialah global. Ia percaya usaha kecil harus beroperasi secara internasional untuk sanggup bertahan dalam jangka panjang. “Jika Anda tidak mencoba untuk mengglobal bisnis Anda melalui Internet, Anda mungkin tidak mempunyai peluang bisnis,” kata Ma.

Dia beropini bahwa bisnis lokal akan lebih kompetitif. Karena itu beliau akan terus mendorong usaha kecil untuk memikirkan bagaimana mereka sanggup menjual produk di seluruh dunia.

4. mempekerjakan orang-orang muda dan orang pintar

Ketika beliau muda, beliau mengakui bahwa tidak ada yang memberinya kesempatan, jadi kini beliau harus memberi bawah umur muda kesempatan. Kaum muda biasanya melaksanakan pekerjaan yang jauh lebih baik.

Dia beropini bahwa warisan langsung kurang penting daripada membangun tim yang akan bertahan dan memberi mereka kesempatan untuk melakukannya. Ma juga menyampaikan bahwa beliau mempekerjakan seseorang yang lebih terpelajar darinya alasannya beliau tahu itu yang terbaik untuk perusahaannya.

5. Terus berjalan

Saran terakhir Ma untuk pengusaha dengan cara mencerminkan perjalanannya sendiri di Alibaba, yaitu melanjutkan dengan ketekunan penuh alasannya itu perlu. “Hari ini sangat sulit, besok sulit, tetapi yakinlah bahwa lusa sangat indah,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *