10 Tips Memulai Usaha Kecil Dan Mencapai Sukses

Diposting pada
 Tips Memulai Usaha Kecil dan Mencapai Sukses 10 Tips Memulai Usaha Kecil dan Mencapai Sukses
Lebih baik menjadi kepala semut daripada ekor gajah. Makara maafkan para pengusaha. Kewirausahaan sangat menggoda. Dengan perilaku yang benar, kesuksesan bukan hanya mimpi.

Jika Anda melihat Bill Gates atau Mark Zuckenberg, tentunya Anda termakan oleh kekayaan luar biasa mereka. Tetapi tahukah Anda, bahwa mereka juga memulai semuanya dari usaha kecil mereka. Dan tidak satu pun dari mereka menerka akan mendapat kesuksesan ibarat sekarang.

Perusahaan awal yang berkembang menjadi perusahaan sukses bernilai miliaran dan bahkan triliunan, di dunia bisnis tidak berbeda dengan pemenang undian. Menaruh semua uang Anda dan berharap mendapat jackpot, Anda akan jatuh.

Berikut ialah 10 hukum untuk memulai bisnis kecil. Daftar ini lebih untuk menciptakan Anda sadar akan kenyataan yang ada, alih-alih asing mengejar cita-cita terbesar Anda dalam bisnis.

Lebih realistis

Saat menciptakan model bisnis, lihat sekeliling dan temukan referensi sukses dari model bisnis yang Anda inginkan, lalu pelajari. Jika Anda tidak sanggup menemukan, apakah Anda seorang jenius yang luar biasa, atau model bisnis Anda tidak akan bekerja di dunia nyata.
Jangan menginvestasikan uang Anda sendiri
Karena sebagian besar bisnis berisiko, mencari mitra. Jadi, bila hal-hal tidak berjalan terus, Anda tidak akan melarat sebab dana awal, dan tidak mengejar utang.

Self perbudakan

Jika Anda tidak mau bekerja keras, lembur, melupakan manfaat langsung dan kesehatan Anda, maka kewirausahaan bukan untuk Anda. Pada awalnya, Anda niscaya tidak akan bisa membayar karyawan, bahkan bila karyawannya murah. Jadi, karyawan Anda ialah milik Anda sendiri.

Hargai waktu

Nilai uang dalam waktu Anda, contohnya Rp20 ribu per jam. Ini akan membantu dikala Anda harus menciptakan keputusan: Jika sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan Anda perlu 2 jam untuk pergi ke toko itu sendiri, lalu membayar ongkos kirim dari perusahaan, sebab harganya lebih murah. Ini mungkin bertentangan dengan hukum ke-3, tetapi bahkan budak juga mempunyai nilai ekonomi.

Rekrut karyawan dengan baik

Terlepas dari ukuran bisnis Anda, Anda alhasil akan merekrut karyawan luar. Untuk itu, lakukan proses perekrutan secara hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan itu sama pentingnya dikala Anda memulai bisnis. Sangat disayangkan perilaku pemilik bisnis yang mempunyai visi untuk bisnisnya, tetapi merekrut karyawan yang bersama-sama mencegahnya mencapai visi.

Jual kelebihan, bukan harganya

Ketika Anda memulai bisnis, Anda secara alami frustrasi memasarkannya. Tetapi, bila Anda bersaing dalam harga, Anda alhasil menjual dengan harga sedang atau bahkan di bawah modal. Kuasai keterampilan berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk Anda lebih tinggi sebab mempunyai nilai yang lebih baik.

Ketahui baseline

Mengetahui berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk menjalani bisnis – mulai dari sewa toko, listrik, asuransi karyawan, sampai tinta printer, kertas, dan pajak. Kemudian bagilah dengan berapa hari dalam setahun Anda akan terbuka, dan … itulah tingkat dasar – jumlah minimum pendapatan yang Anda butuhkan setiap hari. Jika Anda tidak pernah memikirkan bilangan dasar, pikirkan lagi.

Gunakan teknologi terbaru

Teknologi baru ibarat penyebaran data dan aplikasi dengan teknologi cloud sangat murah dan menciptakan perusahaan kecil bisa bersaing dengan perusahaan besar. Manfaatkan teknologi berbiaya rendah di pasar.

Perlakukan vendor dengan baik

Perlakukan vendor dan pemasok Anda sebaik mungkin, sama ibarat Anda memperlakukan pelanggan. Mereka sanggup mengatakan diskon menurut volume pesanan Anda, atau bahkan untuk menjaga kekerabatan baik, dan mengharapkan peningkatan volume di masa depan. Hubungan yang baik menciptakan mereka juga mengerti keterlambatan pembayaran, bahkan mengatakan pengiriman gratis.

Jadilah yang terbaik

Anda dilarang setengah hati. Setiap hal yang Anda lakukan untuk klien harus menjadi yang terbaik. Apa pun yang Anda buat dan jual, itu niscaya yang terbaik. Lakukan terus menerus, dan kekuatan “dari verbal ke mulut” akan menyebar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *