Mengundang Pro dan Kontra, Berikut Hukum Jual Beli Emas Online

Apakah anda pernah terpikir bahwa membeli atau menjual emas secara online akan bermasalah ? mengenai hukumnya bagaimana pemerintah dan agama menanggapinya ? hukum beli emas online memang sedang banyak dikaji, khususnya untuk agama Islam yang memiliki hukum ekonomi sendiri yang disebut sebagai syariah.

Sebenarnya tidak heran, dimana hukum beli emas online dipengaruhi oleh cara berbelanjan yang kekinian. Sehingga apapun bisa dilakukan termasuk dengan membeli emas. Tak heran jika produk yang ditransaksikan beragam dan juga banyak sehingga emas juga termasuk barang yang banyak dijual di online.

Hampir bisa dikatakan semua produk fisik bisa ditemukan saluran penjualan onlinenya, produk-produk investasi pun sekarang marak dijual secara online. Diawali oleh produk investasi syariah terbaik seperti sukuk, reksadana dan saham yang melalui online, emas juga ikut mengunakan online.

Hukum Beli Emas Online

Awal mula bagaimana emas online hadir yaitu adanya program atau terobosan yang dilakukan oleh perusahaan Antam. Dimana Logam mulia (LM), mulai dilakukan secara online. Cara beli emas Antam online dilakukan mengunakan patokan harga emas LM yang dirilis oleh Antam.

Untuk membelinya, pembeli tinggal melihat harganya kemudian memilih jumlah gram emas yang akan dibeli. Setelah itu tinggal transfer dan pembeli tinggal menunggu. Namun ketika adanya jual beli ini hukum beli emas online muncul.

Dimana transaksi ini terjadi penundaan penerimaan emas selama masa pengiriman, dan karena hal inilah adanya transaksi ini merupakan transaksi riba yang haram dilakukan. Sebab ketika pengiriman bisa menimbulkan perbedaan harga antara harga emas saat dibeli dan diterima pembeli.

Meskipun ada pendapat beberapa ulama yang membolehkan dan menganggap hukum beli emas online tidak haram. Namun banyak jual beli dilakukan secar angsuran dan juga dilakukan secara langsung saja.

Namun baiknya motif transaksi emas online memang diniatkan untuk membeli emas. Bukan motif spekulasi untuk memperoleh keuntungan dari fluktuasi harga emas, melalui transaksi jual beli catatan kepemilikan emas di gerai toko jual beli emas online terpercaya.

Hukum beli emas online terbagi menjadi dua khususnya dalam agama Islam yakni haram dan juga Illat :

“Emas dijual dengan emas, perak dijual dengan perak, gandum dijual dengan gandum, sya’ir (salah satu jenis gandum) dijual dengan sya’ir, kurma dijual dengan kurma, dan garam dijual dengan garam, maka jumlah (takaran atau timbangan) harus sama dan dibayar kontan (tunai). Bila jenisnya berbeda maka silahkan engkau membarterkannya dengan cara sesuka hatimu, namun harus dilakukan secara kontan.”

(HR. Muslim no. 1587)

‘Illat adalah sifat yang bisa memberikan pengaruh pada hukum karena dibuat oleh syariah, bukan karena esensi sifat tersebut.

(Imam Al-Ghazali)

Untuk pendapat mengenai hukum beli emas online haram sudah banyak dibicarakan, karena dimulai dengan beroperasinya program ANTAM tersebut langsung mengundang banyak komentar.

Sehingga ada juga yang menyampaikan bahwa program tersebut diperbolehkan. Hal ini disampaikan oleh ulama Ibnu Taimiyah, Ibnu Qoyim dan ulama kontemporer seperti DSN-MUI. Fatwa MUI tentang kredit emas yang diatur pada no 77 tahun 2010 menyatakan bahwa jual beli emas.

Secara angsuran (tidak tunai ataupun kredit) hukumnya boleh. Karena selama emas bukan merupakan alat tukar resmi (uang) dan dilakukan secara langsung maka hukumnya diperbolehkan. Pendapat ini didasari pada ketentuan pelarangan jual beli emas secara tidak tunai itu merupakan hukum yang memiliki ‘illat.

Nah beberapa orang yang masih melakukan jual beli emas online mengacu pada peraturan ini. Namun untuk anda yang tidak ingin melanggar hukum beli emas online baiknya tetap membeli produk yang aman dan juga sesuai hukum saja yakni secara kontan.

Jikapun ingin kredit namun pembelian dilakukan tunai jangan online dan menunggu dulu. Mengingat akan berbahaya dan beresiko jika anda membeli emas dengan cara online. Cukup banyak investor bodong dan penjual bodong yang menawarkan emas ANTAM.

Harga miring atau juga emas yang dikatakan 99% murni. Namun ternyata hal tersebut menipu dan tidak benar adanya. Mungkin karena kerugian dan resiko inilah hukum beli emas online menjadi haram.

Cara Analisa Harga Emas Hari ini dengan Cepat

Tentu saja melihat berita, berbagai koran ataupun melakukannya sendiri dengan cara menganalisa. Tak jarang mereka yang memiliki aktifitas dan juga mobile tinggi tentu tidak bisa melakukan seperti investor santai lainnya.

Misalnya menganalisa harga emas hari ini hanya dari sebuah berita televisi atau radio. Ataupun cukup membaca berita terupdate yang ada. Namun sekarang ini teknologi sudah semakin canggih, untuk mengetahui harga emas hari ini sekarang tidak perlu repot seperti dulu. Dimana harga emas hari ini merupakan salah satu kebutuhan investor dan bukan lagi kekhawatiran banyak masyarakat untuk membelinya. Harga emas kesannya sudah bukan lagi hantu melainkan yang ditunggu.

Nah untu mempermudah menganalisa harga emas hari ini ada beberapa cara yang sebenarnya bisa anda lakukan sendiri. Sehingga ketika anda tidak sempat atau memang tidak percaya dengan berita harga emas hari ini anda bisa menganalisanya sendiri.

Apalagi instrumen investasi yang satu ini berbeda dari waktu ke waktu. Dimana investasi selalu memiliki jadwal dan grafik yang berbeda setiap harinya. harga emas hari ini bisa saja berbeda dengan kemarin ataupun berbeda dengan besok. Jika ditanya menurun atau naik maka jawabannya relatif. Karena biasanya harga emas hari ini menurun namun besok bisa jadi menurun kembali atau bisa jadi naik.

Oleh karena itu tips menganalisa harga emas hari ini bisa anda terapkan, dimana anda juga bisa mengatur strategi yang tepat untuk melakukan transaksi dan menghindari kerugian dengan bermodalkan harga emas hari ini. Apa saja ?

Cara Menganalisa Harga Emas hari ini

Dasarnya adalah untuk anda yang ingin menganalisa harga emas hari ini anda bisa menggunakan cara forex. Karena berbagai kebutuhan dan analisanya hampir sama. Dimana untuk mengetahui harga emas hari ini anda juga harus tahu dollar hari ini atau mata uang lainnya. Analisa terbagi menjadi dua diantaranya fundamental dan juga analisa teknikal. Berikut ini penjelasannya :

1. Analisa Fundamental harga emas hari ini

Analisis fundamental yaitu analisi harga emas hari ini yang didasarkan kepada berita-berita yang terjadi di pasar dunia. Analisis ini cocok untuk anda yang memang mengerjakan investasi emas dengan serius dan mencari harga emas hari ini setiap harinya.

Kabar atau berita tersebut bisa didapatkan dari mana saja yang penting akurat dan valid, biasanya jika benar harga emas hari ini sebesar A, maka berita pasar akan menyiarkan hal yang sama ataupun beda tipis. Adanya kandungan berita ini akan menjadi pecut atau penggerak emosi market trader untuk menentukan nilai suatu mata uang, saham, termasuk harga emas hari ini.

Misalnya saja, adanya kenaikan suku bunga dari Bank Sentral oleh The Fed maka hal tersebut berefek pada penguatan dollar. Hal ini juga menjadikan bahwa anda bisa menganalisa harga emas hari ini akan menurun seiring dollar menguat. Karena emas dan uang merupakan dua instrumen yang berlawanan.

Begitupun juga naiknya harga petroleum, apabila terjadi secara dadakan maka kenaikkan saham-saham yang berhubungan dengan komoditas akan terjadi dan harga emas hari ini juga akan terpengaruh. Untuk anda yang tidak ingin menganalisa harga emas hari ini dan jenis instrumen investasi yang terkait lainnya maka analisis ini sangatlah tepat.

Namun mudah bukan berarti tidak melakukan ya, dimana investasi tetap membutuhkan analisa dan juga strategi. Agar tebakan anda dengan kenyataan dimana harga emas hari ini sesuai atau tidak jangan membuat anda merugi.

Selain itu anda juga dapat mengenali beberapa laporan ekonomi yang ada layaknya angka pengangguran yang terjadi, statistik perumahan dan sebagainya. Namun hanya sekilas saja karena masih banyak indikator yang harus dipelajari oleh anda dalam menganalisa.

2. Analisa Teknikal Harga emas hari ini

Selanjutnya adalah analisa teknikal, dimana analisa ini digunakan dengan menganalisa nilai suatu emas di masa lalu dan dibandingkan serta dianalisa menggunakan perhitungan untuk mendapatkan harga emas hari ini. Semuanya benar-benar menggunakan data perubahaan harga yang ada di masa lalu.

Selain itu untuk menemukan harga emas hari ini maka para penganalisa atau investor menggunakan perangkat statistik seperti grafik dan juga rumus-rumus matematik yang menghitung secara akurat harga emas hari ini. Tujuannya, agar analisa teknikal bisa membantu trader untuk menilai kondisi pasar saat ini dengan sekilas dan lebih mudah.

Terutama biasanya para investor sangat senang jika disuguhkan dengan grafik karena lebih mudah terbaca sekaligus memberikan gambaran atau prediksi tentang pergerakan pasar di masa depan agar bisa menentukan harga emas hari ini jika analisanya dilakukan kemarin dengan lebih tepat dan juga yakin.

Prinsip Dasar Analisa Teknikal

Untuk bisa menentukan harga emas hari ini dengan tepat anda bisa menggunakan dasar analisa ini. Namun ada beberapa prinsip yang harus anda kenali, dimana analisa ini terkenal lebih sulit dibandingkan analisa fundamental yang sudah dibahas sebelumnya. Berbeda dengan analisa fundamental, analisa teknikal didasarkan pada tiga prinsip:

1. Market Price Discount Everything yaitu harga yang sudah terpampang pada grafik (chart) sudah mewakilkan semua faktor yang mempengaruhi pasar sehingga anda bisa menentukan harga emas hari ini langsung dari chart tersebut.

2. Price Moves in Trend yaitu harga tidak bergerak secara acak dan juga random. Misalnya harga kemarin terus naik tidak mungkin harga emas hari ini tiba-tiba turun drastis. Karena memiliki perhitungan dan gambar grafik yang bagus. Selain itu biasanya grafik membentuk sebuah pola tertentu sehingga anda bisa tahu dengan mudah mengenai grafik dan gambaran harganya.

3. History Repeats Itself yaitu adanya kecenderungan kuat bahwa perilaku para pelaku pasar di masa sekarang akan memberikan reaksi yang sama dengan para pelaku pasar di masa lalu. Sehingga harga kemarin dan juga harga emas hari ini bisa saja sama dan terulang.

Perbedaan Analisa Teknikal Dan Analisa Fundamental

Setelah mengulas panjang dan lebar mengenai analisa yang bisa digunakan untuk menunjukan harga emas baik hari ini, sebelumnya atau besok dengan analisa. Selanjutnya adalah perbandingan antara analisa teknikal dan juga fundamental yang harus anda ketahui

• Karakteristik analisa fundamental sendiri yaitu : 

1. Membutuhkan waktu dalam mencari informasi harga yang ada , layaknya data ekonomi atau rumor terbaru sehingga trader individual sulit untuk mendapatkan info seperti ini dan memakan waktu jika anda terburu-buru.

2. Bersifat subyektif, dimana adanya berita tekadang tidak valid dan sudah tercampur oleh pendapat banyak orang. Sehingga trader bisa menganggap data ekonomi tersebut baik atau tidak baik. Padahal sebenarnya data tersebut sedang buruk

3. Lebih cocok diterapkan untuk jangka menengah-panjang dan untuk anda yang baru pemula.

4. Untuk anda yang tidak ingin menggunakan analisa yang rumit dan pusing, fundamental memang bisa menjadi salah satu alternatifnya.

• Karakteristik analisa teknikal yaitu :

1. Membutuhkan banyak data untuk menunjang akurasi serta prediksi, agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.

2. Data yang ada dan tersaji biasanya bisa digunakan juga oleh trader lain sehingga data bisa dikatakan tidak boleh salah atau ternyata salah perhitungan.

3. Kehandalannya serta data yang ada semua bergantung pada kemahiran trader. Disini benar-benar dibutuhkan seorang ahli agar bisa menyajikan data yang baik sehingga orang lain untuk membaca grafik, menerapkan indikator, dan mempraktekkan teknik analisa akan lebih mudah dan dipercaya.

4. Cocok diterapkan pada trading jangka pendek maupun jangka panjang.

5. Cocok untuk anda yang tidak ingin mendapatkan berita kabur atau yang tidak pasti, karena dengan analisa teknikal semua step atau tahapan analisa sangat baik.

Bitcoin VS Investasi Emas

Jika membicarakan mengenai investasi ada banyak hal yang bisa anda pilih dalam dunia investasi. Bisa jadi investasi yang membutuhkan banyak strategi seperti investasi saham ataupun forex ataupun investasi yang tidak membutuhkan strategi dan juga mengutamakan keuntungan seperti investasi emas, bitcoin dan investasi properti.

Membicarakan mengenai keuntungan, banyak masyarakat modern yang membicarakan mengenai bitcoin.

Apa sebenarnya bitcoin ? 

masih banyak orang yang tebak-tebakan mengenai bitcoin dan juga segala perputaran keuangannya.

Ada juga emas atau logam mulia murni dan berharga ini berbeda dengan bitcoin. Siapa yang tidak mengenal emas sebagai logam berharga ?

rasanya semua orang tahu. Emas merupakan sumber daya alam yang sudah ada sejak berabad-abad. Dimana emas dulunya merupakan sebuah alat tukar berharga dalam perdagangan.

Sebagian investor modern terkadang merasa bingung, apakah lebih bagus investasi emas ataupun bitcoin. Sebelum anda membandingkan kedua hal tersebut, coba gali dulu masing-masing pengertian antara bitcoin dan juga investasi emas.

Investasi Bitcoin 

Apa yang anda bayangkan ketika membicarakan bitcoin ? dollar ? internet ? digital ? ketiga hal tersebut memang berkaitan erat dengan bitcoin. Bisa dianggap bitcoin adalah sebuah penemuan di jaman modern untuk sebuah alat tukar selain uang.

Bitcoin adalah alat berharga yang dianggap modern, dimana sistem moneter global yang terjadi dalam inflasi menyebabkan bitcoin menjadi berharga. Bitcoin merupakan salah satu benda berharga yang mungkin tidak nyata atau tidak terlihat dalam fisik.

Lantas jika tidak nyata apakah bisa dipercaya ? 

sebenarnya bitcoin ada bentuknya dan tersimpan dalam bentuk nominal. Bitcoin akan terus berputar menjadi sebuah bitcoin dalam transaksi bisnis dan bisa anda cairkan menjadi uang secara sesungguhnya.

Biasanya jika kita menyimpan uang di bank maka kali ini tersimpan di komputer dan smartphone anda dan memiliki akun khusus yang anda tahu. Anda bisa menggunakannya secara mobile dan tidak harus datang ke lembaga keuangan khusus atau sejenisnya.

Bitcoin sendiri merupakan aspek-aspek penting yang ada di dalam emas namun bentukannya layaknya pulsa. Anda tidak bisa melihat fisiknya namun tetap dikatakan berharga dan juga bernilai.

Beriktu ini adalah karakteristik dari sebuah bitcoin, diantaranya :

  • Suplai yang ada terbatas tidak seperti emas, dimana hanya ada 21 juta bitcoin saja yang berputar di dunia. 

  • Bitcoin tidak bisa dibuat layaknya uang ataupun emas, namun tetap ada penciptanya dimana penciptanya adalah suatu pihak yang tidak diketahui identitas aslinya

  • Tidak diproduksi layaknya emas, sehingga bitcoin tidak bsia dikontrol oleh seorang individu ataupun perusahaan besar

  • Bitcoin terhindar dari kasus pemalsuan dan juga duplikasi

  • Tahan lama dan tentu tidak akan hancur karena tidak berbentuk fisik

  • Dapat ditransaksikan dimana saja diseluruh dunia. Tidak terbatas satu negara atau satu pihak saja

  • Sifatnya Irreversible, dimana bitcoin yang sudah milik orang lain tidak dapat dibatalkan. Kecuali pihak penerima mengirim kembali bitcoin yang terlanjur anda kirim, transaksi akan terus berjalan dan tidak ada penarikan ulang

  • Bisa ditukarkan dan diperjualbelikan layaknya mata uang dunia ke negara manapun

  • Bitcoin tidak memerlukan transaksi yang berbentuk fisik sehingga bisa anda lakukan dengan aman dan bisa dilakukan dimana saja termasuk luar negeri.

  • Tidak perlu mengubah bitcoin yang anda miliki menjadi mata uang dimana anda berada, sehingga tidak repot dan juga mudah dilakukan.

Sedangkan kelemahan yang dimiliki jika anda memilih bitcoin diantaranya adalah :

  • Tidak adanya regulator yang bisa mengendalikan mata uang digital ini. Sehingga agak sulit mengelolanya

  • File bisa saja terkena ulah hacker ataupun pembajakan yang menyebabkan bitcoin atau akun anda terbajak dan hilang

  • Untuk anda yang tidak mengerti bitcoin seperti apa, maka anda akan mudah tertipu dan juga salah menemukan strategi. Karena persaingan bitcoin cukup tinggi dan juga besar.

  • Mudah disalahgunakan untuk penipuan dan juga investasi bodong karena bentuknya bukan fisik sehingga anda tidak bisa melindunginya secara langsung. Anda harus jeli dalam memilih transaksi bisnis menggunakan bitcoin karena banyak sekali penipuannya.

Investasi Emas

Apabila kita berbicara mengenai emas, maka yang terbayang adalah gram, harga per gram serta kemurnian atau karat. Banyak yang memilih investasi emas karena strategi yang dilakukan mudah dan sudah diketahui banyak orang.

Sehingga untuk mendapatkan keuntungan lebih pasti dan juga mengurangi resiko kasus atau bermasalah ketika melakukan investasi. Di Indonesia sendiri, investasi emas cukup digemari baik di kota ataupun di desa. Baik tua ataupun muda, karena mereka tahu bahwa emas merupakan benda berharga.

Emas sendiri adalah alat tukar yang ada sepanjang sejarah, jika uang bermasalah maka emas merupakan salah satu alat tukar yang dipilih banyak orang. Emas memiliki beberapa jenis yaitu fisik dan non fisik.

Dimana fisik anda memiliki dan menyentuh bendanya seperti koin dinar, batangan dan juga perhiasan. Sedangkan non fisik anda tidak memegang fisiknya namun anda memegang sertifikat atau surat-surat resminya yang aman.

Adapaun karakteristik dari investasi emas yaitu :

  • Saran lindung kekayaan, dimana emas bisa menjadi sebuah alat yang tepat untuk melestarikan kekayaan tanpa terpengaruh adanya inflasi, deflasi dan permasalahan ekonomi baik skala kecil ataupun global. Karena emas sendiri cenderung menguntungkan dan selalu naik atau bertambah harganya.

  • Resiko yang didapatkan cukup rendah. Karena emas sendiri stabil, maka resiko yang dimiliki tingkatnya antara rendah sampai sedang. Berbeda dengan forex atau foreign exchange. Selain itu, resiko rendah ini sangat banyak disukai para investor pemula.

  • Bendanya bersifat fisik sehingga bagi anda yang sulit percaya, anda bisa tenang menginvestasikan dana atau uang anda untuk emas. 

  • Aset yang nyata merupakan karakteristik emas yang selanjutnya, bukan hanya jaminan atau diwakili kertas saja. Emas benar-benar benda berharga yang bisa anda cek sendiri keasliannya dan karatnya. Sehingga kemungkinan penipuan dan juga kesalahan pemilihan emas dengan salah bisa dikurangi. Terutama jika anda sudah berpengalaman dalam memilih emas yang murni.

  • Karakteristik selanjutnya adalah mudah dicairkan, karena banyak orang yang mau membeli emas tentu akan mudah dicairkannya. Selain itu, emas juga bisa di gadai dimana anda bisa mendapatkan uang tanpa harus menjualnya atau kehilangan. Namun anda harus membayar biaya rawat dan juga uang yang sudah digadaikan.

  • Terakhir karakteristik emas adalah bebas pajak, Di Indonesia sendiri emas batangan merupakan alat investasi yang bebas pajak berapapun anda menyimpan dan membelinya. Hal ini mengurangi biaya tambahan ketika anda membeli atau menjualnya. Namun jika anda mencairkannya menjadi uang ada biaya pajak yang dikenakan pada uang pencairan tersebut. Bebas pajak ini menjadi keuntungan tersendiri bagi sebagian orang dan investor.

Sedangkan kelemahan yang dimiliki oleh investasi emas adalah :

  • Anda membutuhkan tempat penyimpanan yang aman dan mudah anda jangkau. Bisa saja menyimpannya dirumah namun akan terlalu berbahaya dan mengundang kriminalitas.

  • Anda bisa menyimpannya di bank atau lembaga yang aman, namun anda tetap dikenakan pajak untuk biaya penjagaannya dan anda harus mengeluarkan biaya tambahan.

  • Jika jenis emasnya perhiasan, maka akan ada biaya desain dan biaya perawatan. Berbeda dengan emas lainnya perhiasan memiliki tujuan selain investasi haruslah tetap indah dan bagus untuk sebuah aksesoris maka harga perawatannya pun bertambah.

  • Adanya emas palsu yang terkadang sulit dibedakan oleh para investor pemula. Selain itu banyak oknum yang mencampurkan antara emas asli dan juga emas palsu dan karatnya berkurang.

  • Emas seringkali menjadi sebuah investasi bodong yang akhirnya menipu banyak orang. Memang kemungkinannya lebih rendah dibanding bitcoin. Namun tetap bisa menipu anda.

Bitcoin dan emas sebenarnya masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan. Jika dibandingkan mana yang lebih baik semua kembali pada anda sebagai seorang investor. Jika anda menyukai tantangan dan hal baru maka bitcoin boleh anda pilih.

Apalagi anda ingin tahu tentang dunia investasi dunia. Agak sulit dan anda harus bisa bersaing karena bitcoin di dunia terbatas. Namun bitcoin merupakan salah satu investasi yang menjanjikan terutama di waktu selanjutnya.

Tetapi bagi anda yang tidak suka resiko dan ingin bermain aman, terutama anda tidak memiliki strategi yang bagus untuk investasi maka anda bisa memilih emas sebagai investasi utama anda. Resiko rendah dan juga anda tidak mengalami persaingan yang tinggi.

Sehingga anda tidak terlalu pusing memikirkan bagaimana mendapatkan keuntungan. Namun sesuai resikonya keuntungan yang didapat sedikit dan membutuhkan waktu perlahan-lahan, tidak langsung menguntungkan dan membuat anda kaya raya seketika. Semua investasi pada dasarnya membutuhkan proses.

Hati-Hati Penipuan Investasi Emas, Berikut Modusnya di Indonesia

Sekarang ini banyak masyarakat yang sudah bijak dan juga paham bagaimana cara menyimpan uang yang benar dan menguntungkan. Salah satunya adalah dengan melakukan investasi emas. Investasi sendiri sudah menjadi alternatif yang banyak digunakan masyarakat kita sebagai ladang penghasilan khususnya investasi emas.

Selain itu, investasi emas banyak dilakukan oleh masyarakat karena tuntutan kebutuhan yang semakin banyak dan mahal. Sebenarnya bukan tanpa sebab, mengingat tingkat inflasi yang terus meningkat setiap tahunnya dengan nilai mencapai 7% per tahun. Adanya inflasi ini mempengaruhi beberapa sektor investasi termasuk investasi emas.

Di tengah masyarakat, jenis investasi sangat bermacam-macam,ada yang berbentuk produk seperti deposito, properti seperti rumah serta ruko yang bisa digunakan untuk usaha sendiri ataupun dikontrakan, investasi emas, saham dan jenis lainnya.

Investasi emas cukup banyak dipilih karena digunakan sebagai alternatif atau ‘penyelamat’ dana masyarakat. Investasi emas bisa melindungi kekayaan dari inflasi yang dikenal sebagai siluman pencuri kekayaan.

Investasi emas bisa membuat para pemilik dana menyimpan kekayaannya tanpa kehilangan nilai dari kekayaan tersebut. selain itu mereka juga akan mendapatkan keuntungan serta merasa aman karena telah mengkonversikan uang ke bentuk yang lebih jelas. Karena biasanya jika berbentuk mata uang maka akan habis dan berbahaya jika terjadi inflasi.

Selama ini, investasi emas dikenal sebagai jenis investasi yang menguntungkan karena kecenderungannya memiliki harga yang meningkat dari tahun ke tahun. Kalaupun terjadi penurunan maka penyebab dan permasalahannya tidaklah besar.

Selisih harga investasi emas inilah yang dijadikan keuntungan bagi pemilik investasi atau investor emas. Sebab sifatnya merata dan bisa memeluk hampir seluruh lapisan masyarakat. Maksudnya adalah tak perlu mereka yang ekonom atau kaya raya untuk bisa investasi emas.

Namun maraknya orang memilih investasi emas menyebabkan maraknya penipuan serta modus-modus berbahaya. Bahkan terjadi di Indonesia dan di dunia. Sebelum anda terjun ke dunia investasi baiknya perhatikan dulu modus apa saja yang biasanya digunakan oleh mereka :

Penipuan Investasi Emas, PT Golden Asia

Kasus penipuan investasi emas yang pertama datang dari sebuah perusahaan syariah besar yang terkenal namun ternyata melakukan penipuan. Rasanya masih banyak masyarakat yang mengingat akan masalah PT Golden Trade International Syariah atau (GTIS) ini.

Menurut informasinya, banyak nasabah investasi emas yang ditipu dan digelapkan dananya sehingga para nasabah bukan mendapat keuntungan malah mendapat kerugian yang berkali-kali lipat. Total penipuan investasi emas yang dilakukan perusahaan ini bahkan mencapai triliunan rupiah dan menyebabkan banyak nasabah berdemo di depan kantor tersebut.

Pimpinan PT GTIS yaitu Michael Ong yang berkewarganegaraan Malaysia jelas melarikan diri bersama dengan keuntungan dan penipuannya. Bahkan masalah penipuan investasi emas ini melibatkan kedua negara untuk berseteru karena kasus yang besar.

Sebenarnya kasus penipuan investasi emas seperti ini tidak hanya terjadi sekali atau dua kali, terutama jika melihat penipuannya kelas minor atau kecil. Sudah ada kasus ribuan yang terjadi dan menjebak masyarakat untuk investasi emas. Bahkan dalam level regional saja penipuan investasi emas baik dalam bentuk apapun tidak jarang terjadi.

Penipuan Investasi Emas, Money Game skema Ponzi

Selanjutnya penipuan Investasi Emas datang dari sebuah sistem Investasi Emas yang agak berbeda dengan perusahaan GTIS yaitu dengan money game. Sebenarnya money game merupakan penipuan Investasi Emas yang bentuknya seperti arisan berantai.

Penipuan Investasi Emas ini dimulai ketika seseorang yang termasuk kedalam perusahaannya akan menawarkan peluang usaha atau bisnis dan Investasi Emas yang langsung menjanjikan tingkat keuntungan yang fantastis serta berkali-kali lipat dan disebutkan sebagai Investasi Emas aman.

Nasabah baru ataupun investor pemula pasti akan langsung tergiur dengan pendapatan dan juga gambaran bonus dan juga keuntungan didapat secara teratur. Sama seperti yang dijanjikan oleh perusahaan money game. Bonus diawal akan mereka dapatkan secara Cuma-Cuma, sehingga mereka hanya butuh member atau tambahan peserta saja.

Bonus inilah yang menyebar dari mulut ke mulut, baik itu keluarga, teman, rekan kerja, dan kenalan lainnya serta membujuk mereka untuk mau bergabung dengan embel-embel sukses bersama dan keuntungan yang menggelegar tersebut.

Sedihnya, ketika awal memang nasabah langsung mendapatkan bonus yang dijanjikan sehingga mereka akan gila-gilaan dalam mencari nasabah lainnya karena merasa terbukti benar. Dari situlah penipuan baru dimulai, money game sendiri bisa terintegrasi dengan Investasi Emas dan investasi lainnya.

Contoh perusahaannya seperti : ECMC dan VGMC ( 2 perusahaan penipuan investasi emas dengan model skema ponzhi )

 

Penipuan Investasi Emas PT Lautan Emas Mulia

Selanjutnya adalah penipuan emas yang sejenis dengan GTIS. Dimana, produk yang ditawarkan berupa bisnis jual beli emas dan investasi emas dengan sistem syariah. PT Lautan Emas Mulia menjual emas lebih mahal, dengan harga 20% tambahan dari harga normal ataupun harga Logam Mulia Antam.

Sedangkan untuk iming-iming dan pemberian bonus tetap setiap bulan selama periode tertentu. Keuntungan perusahaan ini mencapai 4,5% setiap bulan. Untuk modus yang digunakan adalah emas non fisik.

Dimana nasabah akan menitipkan emasnya di PT Lautan Emas Mulia serta mendapatkan surat bukti titip dan surat investasi emas yang biasa dilakukan pada sistem pembelian emas non fisik. Namun kasus akhirnya nasabah dapat menjual kembali emas pada perusahaan sesuai dengan harga beli.

Untuk perkiraan total kerugian = Rp618,455 miliar sampai kasus masuk ke persidangan. Jumlah korban penipuan = 2.858 orang dan nilai tambah yaitu untuk calon nasabah memegang emas fisik. Penipuan ini tak seramai GTIS namun tetap sama-sama merugikan banyak orang.

Penipuan investasi emas Misinterpretasi

Ada tipe kasus selanjutnya yang mungkin pernah terjadi secara halus di Indonesia atau bukan kasus besar-besaran namun bisa saja ada. Coba anda pikirkan ketika bank menjual emas dimana pembeli sendiri tidak pernah menerima barang yang dibeli secara fisik. Sehingga mereka hanya membayangkan bahwa mereka investasi emas dan disimpan di lemari pada sebuah bank.

Bank nantinya akan memungut biaya-biaya penyimpanan pemilik emas yang sudah anda bayangkan dan anda membayarnya karena bagian dari imbalan atau kewajiban. Nah, sekarang coba kita pikirkan bahwa pemilik logam mulia bersikeras hendak menyaksikan dengan mata kepala mereka sendiri emas yang mereka simpan.

Sebenarnya, bank itu tidak pernah benar-benar menjual serta menyimpan emas atau melakukan kerjasama investasi emas. Apakah Anda kira kejadian ini sangat hipotetis, atau hanya akan terjadi di negara-negara cerdik? Tidak, kejadian ini terjadi di hampir semua negara termasuk di Indonesia yang memang akan sulit membongkar atau membahas kasus ini karena buktinya rendah.

Di Amerika sendiri pernah ada kasus penipuan investasi emas yang tidak ada wujudnya seperti diatas. Kasus ini dilakukan oleh Bank Morgan Stanley dan di tahun 2005 gugatan class action diajukan terhadap Morgan Stanley. Namun diduga Morgan Stanley membuat atau menyediakan layanan investasi yang berbeda atas nama klien. 

Setelah itu, Bank Morgan Stanley pada 1986 hingga 2005 dituduh menjual emas fisik dan logam mulia lainnya untuk klien yang membayar biaya penyimpanan di bank tersebut. Hasilnya adalah bahwa Morgan Stanley disidang dan wajib membayar denda terhadapa kasus tersebut sebesar 4.4 juta USD untuk menyelesaikan gugatan class action.

Contoh kasus lainnya yang melejit di dunia adalah mengenai kasus di tahun 2007. Dimana ada insiden antara penjualan singkat di antara saham-saham perusahaan pertambangan kecil. Sehingga jika hal ini terjadi, maka banyak saham secara besar-besaran dijual dalam rangka memaksa harga saham turun. Ekonomi tentu akan bermasalah dan juga goyah serta investasi emas akan terkena dampaknya.

Ada juga kasus dimana pemerintah bisa dicap sebagai manipulator pasar bila membatasi perdagangan bebas emas. Hal ini tidak terjadi di Indonesia, namun terjadi pada Pemerintah Vietnam yang pernah melakukan manipulasi pasar seperti ini. Di awal tahun 2011 dilaporkan bahwa pemerintah Vietnam mempunyai rencana untuk melarang perdagangan emas batangan di pasar bebas.

Kasus penipuan investasi emas diatas membuktikan bahwa kita tidak boleh langsung tergiur dna percaya akan produk yang dihargai mahal. Terutama mereka yang membayangkan bahwa anda akan mendapatkan bonus serta mendapatkan tambahan dana secara singkat.

Anda juga jangan langsung beranggapan bahwa produk tersebut merupakan produk dengan kualitas jauh lebih baik daripada produk yang ada di pasaran, karena mereka yang berkualitas tentu tidak akan takut bersaing dan tidak akan mencari nasabah mati-matian.

Inilah peran pemasaran mereka yang cenderung ‘menghipnotis’ para calon korbannya untuk mau bergabung dengan bisnis palsu ini. Sehingga terjebak dengan kasus dan modus penipuan. Perlu diingat oleh anda bahwa investasi merupakan proses dan usaha bukan hanya keuntungan dan juga hal-hal menggiurkan lainnya.

Investasi Emas Bagi Pemula – Cara Cicil Emas Tiap Bulan Dalam 5 Tahun

Saya mau share sedikit tentang investasi emas batangan yang sudah saya jalani 5 tahun terakhir ini, dan teknik ini bisa diaplikasikan kapan saja, tidak ada kata jenuh untuk investasi emas. untuk yang mau belajar investasi emas bisa disimak cara di bawah ini ya

1. Bentuk Mindset Investasi Emas anda terlebih dahulu

Untuk memulai investasi emas cara saya, diperlukan kesabaran. karena cicil membeli emas itu memerlukan waktu bertahun-tahun , saya sendiri memerlukan waktu minimal 5 Tahun , untuk melihat hasilnya
ini pola pikir yang mesti anda pahami

investasi emas selalu untung

emas selain sebagai sarana investasi, namun juga sebagai lindung nilai harta kita

ini alasannya :

  1. Mudah dipakai sebagai sarana investasi sejak jaman kerajaan, tentu sudah teruji nilai investasi nya
  2. Semakin lama nilai emas semakin naik, kenapa ? karena permintaan banyak , sedangkan yang tersedia di Alam juga terbatas
  3. Amerika menggunakan emas sebagai alat lindung nilai mata uang nya , ini terutama yang menyebabkan harga emas naik jika terjadi perang naik.

kalau ga percaya coba liat grafik di bawah ini :

investasi emas, investasi emas bagi pemula, harga emas hari ini
sumber : goldprice.org

investasi emas digunakan sebagai lindung nilai mata uang nya

amerika sebagai negara super power ( adi daya ) menggunakan emas sebagai melindungi nilai mata uangnya, kenapa kalau perang bisa terjadi kenaikan harga emas ?

karena mereka tidak ingin rugi, hehe

kenapa bisa begitu ?

cara mereka adalah dengan membeli emas sebanyak mungkin senilai uang yang telah mereka rencana keluarkan untuk biaya perang

misal : mereka punya perencanaan mengeluarkan biaya perang senilai 1 Milliar dollar, jadi untuk melindungi nilai mata uang nya mereka membeli emas sebanyak mata uang tersebut, berton-ton emas ( entah bagaimana cara beli, mengangkut dan menyimpannya )

maka saat ada perang harga emas akan meroket.. wusshhh… contoh saat perang irak dll

nah, kenapa pada saat perang usai biasanya emas akan merosot tajam ??

ya karena mereka menjual emas yang mereka telah beli tersebut, untuk menutupi kerugian mereka,, daan,, anjlok lah harga emass

begitu anjlok,,

dibeli lagi dan dijual lagii.. begitu seterusnyaa

nah,

apakah anda juga bisa seperti amerika ?

ya , tentu saja bisa

sisihkan saja uang anda sebagian sebagai cara untuk melindungi uang anda yang sudah hilang sebagai biaya hidup,, ya mungkin dari 10 % dulu, jika ada rejeki lebih kita naikan hingga 50 % pendapatan kita ( kalau saya sih begitu, tentu saja bisa berbeda pada anda )

investasi emas, investasi emas bagi pemula, cara beli emas, harga emas hari ini

2. Rajin Melihat Harga Update Emas Terbaru

kalau ingin mencoba investasi emas, saya saranin untuk tidak menilai kenaikan harga emas hari ini atau dalam beberapa bulan, namun dalam tahun-tahun kedepan, minimal 5 tahun.

saya memulai investasi emas sejak 5 tahun yang lalu dengan gaji pas-pasan cuma 2 juta rupiah sebulan, dengan keadaan sudah menikah anak 1, hidup di kos-kosan sederhana, saya bertekat untuk merubah hidup saya dalam 5 tahun kedepan.

3. Memulai Beli Emas dengan Menyisihkan Gaji

apa yang bisa saya lakukan dengan gaji pas-pasan, membiayai anak dan istri dan bisa untuk berinvestasi?

setelah berpikir lama, banyak ada pilihan bermain forex saham ? ahh high return , tapi resiko tinggi.. beli tanah? ga ada uang.. buka usaha ? masih belum tau apa yang dijual

ya udah akhirnya saya memilih untuk menyisihkan uang saya untuk membeli 1 gram emas setiap 2 bulan, berarti saya menyisihkan kira kira 200 ribuan lebih perbulannya

sisanya bisa saya pakai untuk biaya hidup sehari-hari, 100 ribu rupiah saya tabung secara rutin,

Gaji Rp 2 juta

dikurangi investasi emas : 250rb

tabungan 100rb

sisa gaji 1,6 juta

wah, mepet banget ya buat hidup sehari-hari, ya udah lah mending hidup hemat aja dari sekarang

tekad berhenti merokok, biaya beli rokok 10rb per hari , x 30 , sebulan keluar hampir 300rb.. aga sulit tapi jika tekad kuat pasti bisa

lumayan juga bisa disisihkan untuk investasi emas

2 tahun awal bolong-bolong juga, tapi akhirnya alhamdulilah, puji Tuhan sekarang sudah full berhenti merokok , hehehe

total saat ini sudah punya 2 keping emas 50 gram, 10 keping emas 10 gram dan 32 keping emas 1 gram, hehe total 232 gram , kalau dirupiahkan ya sekitar 120 jutaan bro!

investasi emas bagi pemula, investasi emas, harga emas hari ini, cara beli emas

investasi emas bagi pemula, investasi emas, harga emas hari ini, cara beli emas

4. Konsisten dalam membeli emas batangan

tetap konsisten membeli emas batangan walaupun harganya naik atau turun.

prinsipnya kalau harga emas turun, anda bisa membeli lebih banyak lagi

jika harga emas naik, nilai investasi emas yang sbeleumnya anda beli menjadi meningkat

5. Gadai untuk kebutuhan yang hanya mendesak, bukan konsumtif

Emas salah satu instrumen investasi yang sangat likuid, bisa anda cairkan sewaktu-waktu menjadi dana tunai.

namun jika ingin investasi emas, jangan pernah mencairkan emas hanya untuk pembelian hal konsumtif untuk gaya hidup

Gadaikan hanya untuk kepeerluan yang mendesak!

ada beberapa yang saat ini sedang digadaikan di pegadaian, karena mendadak ada perlu biaya anak berobat

itu lah enak nya emas karena sangat likuid bisa di cairkan menjadi uang cash sewaktu-sewaktu, tinggal bawa ke pegadaian beres dah!

masih bingung mau investasi emas?

ga usah bingung bingung cek segera harga emas antam hari ini disini website antam dan pegadaian

kalau mau belajar lebih lanjut, yuk baca aja artikel-artikel saya sebelumnya,,

lebih enak nya baca artikel nya dari awal ya, scroll aja ke artikel yang paling bawah

setiap minggu saya akan rutin share artikel terbaru

jadi jangan lupa untuk buka investemas.com untuk baca artikel-artikel terbaru dari saya tentang investasi emas

tentunya gratis, hehe

oh ya,, dan juga jangan lupa klik share ya

karena berbagi itu indah, semoga dengan berbagi pengetahuan yang berguna secara gratis kita akan mendapatkan amal ibadah

saya doakan untuk yang share artikel ini dimudahkan dalam memulai investasi emas dan semoga dilancarkan rejekinya

Amien,,

indahnya berbagi =)

Perbedaan Antara Harga Emas Putih dan Harga Emas Kuning

Emas merupakan salah satu benda bernilai yang memiliki beberapa jenis dan bentuk. Jika bentuk atau wujud masyarakat awam tentu sudah mengenal beberapa seperti halnya emas perhiasan, emas batangan dan koin dinar. Jika membicarakan jenisnya emas terbagi menjadi dua yaitu emas kuning dan juga emas putih.

Meskipun sama-sama emas, beberapa orang lebih memilih warna putih ataupun warna kuning. Biasanya untuk emas putih digunakan sebagai aksesoris atau perhiasan. Sedangkan untuk emas kuning ada yang berbentuk perhiasan, batangan dan juga koin emas.

Bagi investor emas kuning ataupun emas putih sama-sama menguntungkan. Namun ada perbedaan harga emas putih dan emas kuning, ataupun lainnya. Perbedaan ini juga menjadi pertimbangan banyak orang ketika mereka lebih memilih membeli emas putih atau emas kuning.

Emas Kuning

Sebenarnya jika dibandingkan dengan emas putih harganya masih lebih rendah. Namun, untuk jangka panjang serta minat akan investasi emas jangka panjang maka emas kuning memenangkan bagian tersebut.

Emas Putih

Emas kuning merupakan emas yang banyak dan mudah didapat. Anda bisa membelinya dalam bentuk atau jenis apapun. Dibandingkan emas putih, emas kuning lebih mudah tergores karena memang teksturnya yang lebih lunah. Alasan ini membuat emas kuning terkadang harga jualnya tinggi, karena kebutuhan biaya perawatan yang juga tinggi.

Untuk jenis perhiasan, jika menggunakan emas kuning memang sangat cocok bagi anda yang ingin berpenampilan klasik serta mewah. Terutama jika anda menggunakan emas kuning sebagai investasi.

Namun jika kita mengesampingkan harga emas kuning dan biaya tambahannya.

Selain itu, harga emas kuning yang tidak setinggi emas putih karena emas kuning merupakan emas yang cukup rentan dan tidak bisa digunakan untuk mereka yang alergi. Emas ini memiliki kandungan yang berupa partikel dan bisa menimbulkan alergi jika digunakan di kulit yang sensitif.

Jangan heran juga jika warnanya tampak seperti pudar karena memang harus dipoles kembali, dan anda harus menambah kocek kembali untuk hal tersebut.

Emas putih mungkin tidak semenarik emas kuning, dimana anda hanya bisa menemukan satu dua toko emas putih dalam sebuah kota kecil dan beberapa toko besar di perkotaan.Dimana bentuk perhiasan emas putih cenderung cocok untuk anda.

Terutama emas putih memang ingin menciptakan kesan anggun dan modern. Berbeda dengan emas kuning, emas putih tetap sesuai digunakan oleh orang yang berwarna kulit apa pun karena kilaunya yang tahan lama dan juga tidak berlebihan.

Nyatanya harga emas putih lebih mahal dibandingkan emas kuning karean adanya lapisan rhodium. Lapisan ini membuat emas terlihat lebih bersinar, lapisan ini juga sering ditambahkan pada berlian yang sedang dipoles atau diasah.

Namun lapisan ini bisa hilang sehingga baik emas putih dan emas kuning harus tetap dipoles untuk bisa menampilkan emas yang indah dan berharga tinggi jika anda menjualnya.Meskipun begitu, emas putih biasanya lebih banyak dibuat berbentuk perhiasan saja dibandingkan bentuk lainnya.

Emas putih bisa berharga lebih tinggi dibandingkan emas kuning karena bisa dikatakan lebih kuat. Maka dari itu meskipun emas kuning banyak dipilih untuk investasi namun emas putih lebih kuat dan lebih banyak dipilih untuk dibuat sebagai perhiasan.

Kandungan yang dimliki oleh emas putih agak lebih besar dibandingkan emas kuning, sehingga harganya lebih mahal. Diantaranya yaitu 14 karat, 18 karat atau lainnya. Contohnya, ketika anda membuat perhiasan menggunakan emas putih memakai 75% emas dan dicampur 25% perak.

Untuk jenis emas kuning sama saja baik takaran maupun campurannya sehingga dalam hal ini tidak menyebabkan perbedaan harga emas putih dan emas kuning jauh. Walaupun banyak perbedaanya banyak termasuk harga jual dan belinya tetapi emas putih dan emas kuning tetap bisa menjadi produk investasi bisa anda pilih.

Anda bisa menjadikan emas putih atau emas kuning salah satunya sebagai alternatif. Jika anda tidak ingin yang terlalu mahal tentu anda bisa membeli emas kuning. Namun sebaliknya jika anda memiliki uang khusus untuk investasi mengapa tidak membeli emas putih yang lebih bagus dan juga berkualitas.

Bagaimana Cara Membeli Emas Antam di Bank Syariah ? Berikut Tahapannya

Emas ANTAM merupakan salah satu emas yang menarik perhatian banyak pihak, terutama para investor emas. Tak hanya mereka yang memang investasi namun masyarakat awampun cukup banyak membeli emas dengan produksi ANTAM.

Selain aman, emas jenis ini juga terpercaya dan mudah digunakan sebagai transaksi, misalnya jual dan beli di tempat manapun. Termasuk di lembaga keuangan besar seperti halnya bank. Namun beberapa orang beranggapan bahwa membeli emas ANTAM di bank konvensional tidak sesuai dengan syariah khususnya yang beragama Islam.

Mengingat agama Islam juga memiliki peraturan sendiri terkait pengaturan transaksi ekonomi dan juga pembelian barang berharga seperti emas. Peraturan ini hadir karena memang emas sudah menjadi alat tukar dan nilai yang berharga sejak jaman sejarah dulu.

Apabila anda sudah benar-benar tertarik membeli emas ANTAM di bank syariah maka anda harus melengkapi beberapa persyaratan yang ada, karena dengan data ini bank ataupun anda tidak akan merasa dirugikan dan berada pada pihak dengan hak dan kewajiban yang jelas. Apa saja ?

  • Wajib memiliki status warga negara Indonesia
  • Umur minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun
  • Melampirkan KTP
  • Memiliki rekening di bank terkait
  • Beberapa bank meminta data fotocopy KK

Beberapa bank menargetkan minimal pembelian emas antam

Jika anda sudah melengkapi datanya, pertama pilihlah bank syariah yang menyediakan program jual beli emas ANTAM. Jika anda sudah memiliki dan memilih maka anda tinggal mendatangi bank tersebut dan bertemu customer service disana, anda tinggal menyebutkan bahwa anda ingin membeli emas ANTAM di bank syariah tersebut.

Setelah itu, anda akan ditanyakan kelengkapan data begitupun dengan list harga yang ada pada bank tersebut. Anda perlu ingat bahwa akan ada beberapa biaya yang harus anda bayar diluar dari harga emas ANTAMnya sendiri. Mengingat bank merupakan tempat atau media dari perusahaan ANTAM ke pelanggan sehingga ada biaya jasa yang harus anda penuhi.

Selain itu, ada biaya administrasi, membayar biaya materai dan juga asuransi sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan dan juga kejadian yang bukan human error atau kesalahan anda maka anda bisa mendapatkan ganti atau setidaknya mengurus kerugian yang anda alami.

Bisa jadi ketika membeli emas ANTAM di bank syariah produk cacat dan sejenisnya, maka anda bisa menukar dan “mengklaim-nya”.

Keuntungan Membeli Emas ANTAM di Bank Syariah

Setiap program pasti memiliki keuntungan dan juga kelebihan, dimana bank syariah sendiri memiliki program beli emas ANTAM yang bisa menghadirkan keuntungan tersendiri untuk anda. Pertama, jika anda melakukan pembelian di bank syariah maka anda yang menginginkan adanya akad atau perjanjian dan peraturan beli emas ANTAM secara Islam sangat mungkin dilakukan.

Terkadang beberapa umat muslim menghindari transaksi konvensional karena dianggap memaksa dan merugikan sehingga haram. Namun selain menuruti peraturan yang ada pada hukum dagang Islam, anda yang membeli di bank dianggap lebih aman dan juga lebih dipercaya.

Mengapa ? karena barang atau produk khususnya yang berharga seperti emas ANTAM tentu tidak akan sembarangan masuk atau ada di bank tanpa melewati proses seleksi dan pembelian yang ketat. Selain itu, jika ditinjau dari data bank memiliki ketelitian data yang tinggi dan cukup rumit. Sehingga kecil kemungkinan ada kesalahan.

Sebenarnya anda bisa saja anda membeli emas langsung di perusahaan ANTAM, tetapi sebagian orang tentu harus mengerahkan tenaga dan waktunya jika harus pergi ke perusahaan ANTAM. Mengingat perusahaan ANTAM terletak di Jakarta saja, lalu bagaimana yang berada di luar daerah ? Nah membeli emas ANTAM di bank syariah tentu akan lebih memudahkan.

Bagi anda yang ingin membeli emas jenis ANTAM di bank namun terkendala dengan peraturannya maka anda bisa berpindah ke bank syariah. Dimana bank syariah memiliki program yang sesuai dengan syariat Islam, baik pembayaran, uang jasa bahkan hingga akad dan sebagainya.

Perusahaan ANTAM sendiri sangat terbantu dengan adanya bank syariah yang menambah kerja sama untuk melakukan jual beli emas.

Cara Cek Harga Emas Hari Ini di Pegadaian

Jika membicarakan mengenai teknologi saat ini, maka kita sudah membicarakan mengenai kecanggihan di abad 21. Anda bisa melakukan apapun dengan menggunakan teknologi sekarang ini, termasuk para investor yang memanfaatkannya untuk melakukan cek harga emas.

Emas sendiri merupakan instrumen investasi yang memiliki peluang menguntungkan, dimana anda bisa membelinya di berbagai tempat seperti di perusahaan ANTAM langsung, membeli emas di Pegadaian serta tempat lainnya.

Namun sebelum membeli tentu anda memantau atau melihat dulu serta melakukan cek harga emas hari tersebut khususnya jika anda membelinya di tempat yang berbeda seperti pegadaian atau bank. Tidak mudah melakukan cek harga hari ini ataupun besok, selama anda memiliki aplikasi pendukungnya. Apa saja ?

1. Aplikasi SAHABAT PEGADAIAN

Aplikasi pertama langsung datang dari pegadaian, untuk anda yang ingin melihat atau melakukan cek Harga Emas hari ini atau bahkan setiap hari anda tentu tinggal melakukan installasi aplikasi yang telah difasilitasi oleh Pegadaian ini.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk anda yang ingin menabung emas, jual beli dan memang ingin tahu Harga Emas Hari Ini di Pegadaian. Misalnya harga tersebut digunakan untuk perbandingan penjualan emas atau bisnis anda.

Aplikasi ini akan terus mengupdate diri jika memang informasi harga emas mengalami perubahan. Aplikasi juga bisa menunjukan harga yang paling akurat dan tidak jauh berbeda dengan ANTAM.

Untuk mengakses aplikasi yang menyediakan informasi Harga Emas Hari Ini di Pegadaian dengan lengkap dan juga bisa diinstall atau dipasang diseluruh jenis smarthphone anda. Hal yang terpenting anda memiliki internet dan perangkat anda mendukung penginstallannya. Aplikasi ini bisa didapatkan dengan cara yang gratis, anda bisa lansung menggunakan dan mengunduhnya.

Aplikasi Sahabat Pegadaian sendiri banyak menyediakan hadiah menarik dan unik sehingga mengundang anda untuk menggunakannya. Seperti fitur poin dan sejenisnya yang biasa ada pada aplikasi jaman sekarang. Selain bisa memeriksa dan melakukan cek harga emas di Pegadaian anda juga mendapatkan keuntungan sampingan.

2. Aplikasi ANTAMGOLD.COM mobile

Selanjutnya adalah aplikasi ANTAMGOLD.COM Mobile. Banyak yang salah paham dengan nama aplikasi ini, karena namanya ANTAM Gold maka banyak yang berpikir bahwa aplikasi gratis ini khusus untuk mereka yang membeli emas di ANTAM atau ingin melihat harga emas hari ini di perusahaan ANTAM.

Padahal mereka yang ingin melakukan cek Harga Emas Hari Ini di Pegadaian juga bisa menggunakannya. Misalnya beberapa dari masyarakat kita tinggal jauh dari Jakarta, sehingga mereka hanya bisa melakukan transaksi di Pegadaian. Tidak apa-apa anda tetap bisa menggunakan aplikasi ini dimana Anda bisa mengambilnya secara gratis melalui Google Playstore.

Informasi yang bisa Anda peroleh bukan hanya harga emas dan perak Antam terkini saja. Namun untuk anda yang memang ingin tahu mengenai pemasok emas, kondisi pasar, grafik harga emas selama sepekan dan hal lainnya bisa anda lihat di aplikasi ini. Bahkan ada fitur kalkulator yang membantu mengkonversikan harga emas ke rupiah, karena akan lebih baik jika anda tahu mengenai harga asli secara dollarnya.

3. Aplikasi Info Harga Emas

Selanjutnya adalah aplikasi lain yang bisa melakukan cek harga emas di Pegadaian, sama-sama gratis dan bisa anda install melalui Google Play. Aplikasi ini rata-rata memang memonitori harga emas jenis Antam saja.

Kalaupun ada yang lain biasanya yang dipantau adalah emas UBS. Berhubung di pegadaian sendiri tersedia, maka anda bisa memilih aplikasi yang memang menyediakan keduanya. Bisa jadi jenis emas yang anda beli memang UBS dan bukan ANTAM.

Selain itu juga harga emas dunia baik dalam IDR maupun USD. Harga emas perhiasan berbagai karat mulai 14 sampai 22 karat saja. Aplikasi ini lebih ditujukan bagi investor jangka panjang dan juga mereka yang membutuhkan pergerakan harga emas sebagai analisa kedepannya.

Sebenarnya anda yang menggunakan aplikasi ini juga tidak masalah, hanya saja menggunakan tanpa tahu fungsi dasarnya akan percuma dan membuang waktu anda kan. Jika anda ingin melihat harga emas hari ini saja anda bisa berkunjung ke website resmi pegadaian, namun jika anda melakukan pembelian berkala anda bisa menginstall aplikasi-aplikasi diatas.