Program Unggulan 5 Bank Pemerintah bagi Pelaku UMKM

Sektor UMKM adalah salah satu sektor yang mempunyai peran penting dalam menopang perekonomian bangsa ini. Dan melaui UU no. 20 Tahun 2008 tentang UMKM, pemerintah beserta masyarakat berkewajiban untuk membantu dan melindungi UMKM agar bisa mendiri dan mengembangkan produktifitas usahanya. Salah satu kebijakan pemerintah terkait UMKM ini adalah dengan menunjuk beberapa lembaga keuangan untuk memberikan kemudahan di dalam fasilitas pengajuan bantuan modal. Beberapa bank yang ditunjuk itu diantaranya:

Program Unggulan 5 Bank Pemerintah bagi Pelaku UMKM

1. Bank Mandiri

Salah satu program unggulan dari Bank Mandiri untuk para pelaku UMKM adalah Mandiri Kredit Mikro. Kredit ini ditujukan untuk para pelaku usaha kecil yang membutuhkan KMK (Kredit Modal Kerja) atau KI (Kredit Investasi). Kredit Usaha Mikro dari Bank Mandiri ini memiliki 2 jenis produk, yaitu KUM atau Kredit Usaha Mikro yang memiliki limit kredit sebesar 100 juta rupiah, dan KSM atau Kredit Serbaguna Mikro, yang merupakan kredit yang bisa dipakai untuk segala pembiayaan usaha mikro dengan batas maksimal 50 juta rupiah. Sifat dari kedua kredit ini adalah aplofend plafon atau angsiran tetap yang berjangka waktu kurang lebih 36 bulan.

2. Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia)

Bank Rakyat Indonesia menggulirkan program yang bernama KUR BRI bagi para pelaku usaha mikro. Kredit Usaha Rakyat BRI ini diperuntukkan bagi pengusaha mikro, kecil, ataupun koperasi yang besarnya plafon kreditnya mencapai 500 juta rupiah. Kredit ini bisa digunakan untuk keperluan kredit modal kerja ataupun kredit investasi, sesuai dengan kriteria pelaku usaha yang sudah ditentukan oleh pihak bank.

3. Bank BNI (Bank Negara Indonesia)

Tak ketinggalan dengan BNI, selain program Kredit Usaha Rakyat, pihak BNI juga menggulirkan program bagi UMKM, seperti KUPS atau Kredit Usaha Pembibitan Sapi, KKP-E atau Kredit Ketahanan Pangan dan Energi, KKLK, dan masih ada yang lainnya. Dengan syarat yang mudah serta bunga yang bersaing, program ini sangatlah membantu para pelaku UMKM.

4. Bank Bukopin

Bank Bukopin juga memiliki program uanggulan yang tak kalah dengan bank yang lain. Selain KUR dan juga KKP-E, Bank Bukopin memiliki program yang diberi nama Kredit Usaha Su-005, yang merupakan kredit modal kerja ataupun kredit investasi untuk para pelaku UMKM yang dananya bersumber dari Surat Utang Pemerintah dengan pemberian bunga yang rendah. Untuk usaha mikro plafon maksimalnya adalah 50 juta rupaih, sedangkan untuk usaha kecil plafonnya antara 50 juta hingga 500 juta rupiah.

5. Bank Tabungan Negara

Program yang digulirkan BTN untuk UMKM adalah berupa KUR yang terdiri atas KUR Modal Kerja berjangka waktu sekitar 3 tahun, dan juga KUR investasi yang berjangka waktu sekitar 5 tahun. Untuk sektor yang dibiayai oleh BTN adalah bidang industri, perdagangan, dan juga jasa.


Tags:
produk unggulan bank bri, produk unggulan bank btn, produk unggulan mandiri mikro, gambar bank pemerintah, produk unggulan kur, 5 produk unggulan kur, kredit aplofend, aplofend plafon, apa itu aplofend plafon, program unggulan Bank BRI,

Kredit Usaha Kecil Dari Bank Mega

Masalah klasik yang seringkali menjadi kendala para pengusaha mikro dan kecil, sehingga membuat mereka lebih lambat untuk berkembang adalah karena masalah permodalan. Seringkali masalah modal ini menjadi masalah yang sangat besar, sebab ketika mereka hendak memperluas jaringan usaha mereka, karena terbentur dengan kendala permodalan, maka niat itu akhirnya urung untuk dilakukan. Hal ini lah yang seringkali menjadi faktor utama para paleku usaha mikro dan kecil tidak sesukses pelaku usaha yang memiliki banyak modal.

Namun, dengan kebijakan pemerintah yang mengharuskan lemabag perbankan ikut andil dalam memajukan usaha mikro dan kecil, membuat banyak lembaga perbankan memberikan berbagai macam fasilitas yang bisa diakses oleh para pelaku usaha mikro dan kecil untuk mendapatkan bantuan pinjaman modal. Walaupun sangat, masih banyak juga lembaga keuangan yang memeberikan syarat yang terlalu tinggi untuk bisa mendapatkan bantuan modal tersebut. Oleh karena itu, Bank Mega hadir di tengah kebutuhan anda para pelaaku usaha mikro dan kecil yang butuh tambahan bantuan modal dengan syarat yang lebih mudah dan juga lebih murah.

Kredit Usaha Kecil Dari Bank Mega

Bank Mega memiliki sebuah program kredit yang diberi nama KUK (Kredit Usaha Kecil) myang diperuntukkan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk mendapatkan pinjaman kredit. Beberapa kemudahan yang dihasirkan dengan adanya prgram ini adalah:

  • Kredit diperuntukkan bagi perseorangan atauapun badan usaha
  • Dana pinjaman ini memakai agunan dan angsuran yang tetap untuk setiap bulannya
  • Dana pinjaman ini bisa digunakan untuk kebutuhan modal kerja maupun investasi yang seuai dengan usaha yang sedang digeluti saat ini
  • Suku bunga yang diberikan lebih bersaing dan sifatnya tetap
  • Jangka waktunya disesuaikan dengan cahflow perusahaan, dengan waktu maksimal 5 tahun
  • Palfond kredit yang diberikan adalah dari Rp 100 juta hingga Rp 500 juta.

Sayarat Nasabah atau Debitur

  • Usaha yang dijalankan sudah berusia minimal 2 tahun
  • Mengisi dengan lengkap beberapa dokumen untuk identitas diri pemohon
  • Menyertakan berbagai macam dokumen terkait legalitas usaha
  • Melengkapi berkas dokumen agunan

Tags:
kredit mikro bank mega syariah, kredit modal kerja bank mega, kredit mikro bank mega, pinjaman modal usaha bank mega, pinjaman bank mega, pinjaman di bank mega syariah, kredit usaha bank Mega, pinjaman di bank mega, persyaratan ukm bank mega, mega syariah mikro, kredit mikro bank mega

Mau Pinjam di Bank tapi Usaha Belum Sampai 2 Tahun?

Mau buka usaha dan lagi-lagi terhalang modal awal? Masih kesusahan cari pinjaman modal untuk mendukung usaha anda? Mau pinjam di bank tapi usaha belum sampai 2 tahun? Jangan khwatir ! Salah satunya pemecahan permasalahan anda adalah pinjaman dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Kenapa? karena Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberikan beberapa kemudahan dan kelebihan dibandingkan bank swasta pada umumnya, yaitu bunga potongan yang cukup kecil sehingga angsuran pengembalian kredit akan lebih ringan, serta usaha anda tidak perlu harus berjalan selama 2 tahun seperti syarat pinjaman usaha dalam bank swasta. Selain itu, karena merupakan bank milik pemerintah, faktor jaminan keamanan dan perlindungannya lebih besar. Bank ini juga sudah memiliki banyak cabang sehingga Anda tidak perlu repot mencari lokasi terdekat di tempat tinggal Anda. Sejauh ini, cara mendapatkan pinjaman dari bank BRI untuk wirausaha termasuk paling mudah, karena bank BRI sudah membagi bentuk pinjaman yang akan dberikan. Seperti apa?

Dibawah ini saya jelaskan berikut dengan syarat untuk memperoleh pinjamannya :

Untuk Wirausahawan Perseorangan

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro memberikan Anda pinjaman hingga Rp 20 juta. Kemudahan yang diberikan dari BRI adalah tidak adanya pemungutan biaya provisi dan administrasi. Dengan kredit ini, jangka waktu yang diberikan untuk modal usaha adalah maksimal 3 tahun, sedangkan apabila untuk modal investasi maksimal 5 tahun.

Syaratnya juga cukup mudah. Jika Anda melakukan usaha perseorangan, usaha Anda paling tidak harus sudah berjalan 6 bulan, dengan jenis usaha yang dianggap layak, tidak melanggar hukum atau tatanan kesusilaan yang berlaku. Untuk usaha perseorangan.

Anda cukup memberikan dokumentasi data diri seperti KTP dan KK kepada Bank BRI serta membawa surat izin usaha dari instansi setempat.

Untuk Badan Usaha

Sementara Kredit Usaha Rakyat (KUR) Ritel memungkinkan Anda untuk mendapat pinjaman hingga 100 juta rupiah. Cara mendapatkan pinjaman untuk usaha jenis ini agak lebih rumit, yaitu selain identitas diri, Anda harus menyediakan semua kopi legalitas perusahaan seperti SIUP, Akta Notaris atau surat ijin usaha yang diperoleh dari lurah setempat. Seperti halnya pengajuan KUR Ritel, lama usaha juga minimal harus 6 bulan.

Tags:
permasalahan bisnis mikro bri, persyaratan pinjam Ke bank bri buat usaha rumahan, syarat pinjaman modal usaha rumahan dari bank bri,

Investasi Menguntungkan Melalui KPR BRI Syariah

Rumah adalah kebutuhan dasar manusia. Seiring bertambah waktu dan tahun maka harga rumah dan tanah semakin naik. Tentu hal ini menimbulkan sebuah peluang usaha bagi seseorang dalam menekuni usaha properti. Bisnis properti rumah dapat dijalankan dalam skala besar seperti seorang pengembang dan developer. Namun bisa juga usaha properti dilakukan secara perseorangan dengan modal kecil. Salah satunya adalah menjual rumah atau mencicil rumah untuk kemudian dijual kembali dilain waktu dengan selisih keuntungan dari harga beli. Bank yang menyediakan fasilitas kredit rumah secara KPR adalah bank BRI Syariah ib.

KPR BRI Syariah

Mempunyai rumah bagi sebagian orang tentu sangat memberatkan. Apalagi membelinrumah secara tunai. Oleh sebab itu, untuk meringankan beban keuangan masyarakat, banyak bank di tanah air menyediakan fasilitas KPR atau kredit dalam kepemilikan rumah. Seperti Bank BRI Syariah. Berbeda dengan kredit KPR di bank konvensional maka kredit KPR di bank BRI Syariah lebih menguntungkan. Kenapa harus memilih bank BRI syariah dibanding bank lainnya? Karena kehalalannya jelas, juga disebabkan menggunakan sistem jual beli rumah tanpa riba dam bunga bank. Adapun syarat dan cara pengajuan kredit kepemilikan rumah Bank BRI Syariah sangat mudah.

Investasi Menguntungkan Melalui KPR BRI Syariah

Bagi para pasangan pengantin baru tentu mempunyai sebuah rumah yang indah dan nyaman adalah sebuah impian. Sekarang impian itu bisa diwujudkan dengan cara meminjam uang kepada orangtua, sanak kerabat, rekan kerja dll untuk membeli rumah secara tunai. Lalu ada pilihan lain yang lebih banyak digunakan orang yakni membeli rumah secara kredit. Adapun besaran kredit rumah disesuaikan dengan uang muka rumah tersebut. Semakin besar uang muka rumah maka semakin kecil cicilan. Dan semakin kecil uang muka rumah maka semakin besar cicilan. Seperti yang dialami adik tercinta yang memilih membeli rumah secara kredit dengan uang muka Rp 20 juta dan cicilan Rp 4 juta perbulan.

KPR dari Bank BRI Syariah menggunakan sistem murabahah atau jual beli. Dimana nasabah membeli rumah sedangkan bank menjual rumah kepada nasabah. Hal ini jelas kehalalannya sebab tanpa bunga bank. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,” Allah menghalalkan jualbeli dan mengharamkan riba”. Adapun nasabah membeli rumah dari bank dengan cara pembayaran diangsur bulanan dikisaran uang hasil kesepakatan bersama sebelum terjadi transaksi.

Jika sobat ingin berinvestasi rumah yang menguntungkan maka bisa menggunakan layanan KPR dari bank BRI Syariah khusus rumah yang sedang dalam pembangunan oleh pengembang, rumah, rumah toko, rumah bekas, apartemen, rumah kontrakan, dan lain sebagainya. Setelah membeli rumah secara kredit maka di tahun mendatang harga rumah akan naik. Maka sobat bisa menjual rumah KPR dengan harga lebih tinggi atau menjual rumah setelah masa KPR lunas.

Demikianlah kiat investasi menguntungkan melalui KPR BRI Syariah. Semoga bermanfaat.

Kredit Investasi Bank Mandiri Syariah

Kredit merupakan salah satu cara pembayaran yang saat ini banyak sekali digunakan oleh masyarakat, bukan hanya kredit dalam pembelian barang sja namun juga kredit dalam hal peminjamn ataupun investasi. Kegiatan semacam ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, karena memang pada dasarnya tidak ada hal yang sempurna di dunia ini.

Kredit Investasi Bank syariah mandiri merupakan sebuah kredit yang banyak ditawarkan oleh pihak bank saat ini, kredit yang satu ini merupakan jenis kredit pembiayaan atau modal ataupun dana yang diberikan kepada nasabah untuk melakukan investasi dalam sebuah usaha. Salah satu pihak bank yang memberikan kredit investasi semacam ini adalah bank Mandiri Syariah, dengan nama pembiayaan Murabahah.

Murabahah merupakan sebuah pembiayaan yang didasarkan pada akad jual beli yang dilakukan antara pihak bank dengan nasabah, pihak bank melakukan pembelian barang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh nasabah dan kemudian barang tersebut dijual kembali pada nasabah sebesar harga pokok dengan tambahan keuntungan margin yang tela disepakati sebelumnya. Dengan sangat, pembiayan murabahah ini menghindari yang namanya riba.

Nasabah yang membutuhkan modal untuk melakuan investasi dapat mengajukan dana pinjaman ke bank Mandiri syariah melalui program murabahah ini. Dengan menggunakan kredit investasi yang diberikan oleh bank Mandiri Syariah melalui program murabahah ini, tentunya para nasabah nantinya akan mendapatkan berbagai manfaat yang diterima seperti:

  • Pihak bank dapat memberikan pembiayaan bagi kebutuhan nasabah dalam hal pengadaan barang konsumsi, seperti pengadaan rumah, kendaraan atau barang produktif lainnya seperti mesin produksi, pabrik, dan kebutuhan lainnya.
  • Masalah pembayaran pada pinjaman kredit yang satu ini, nasabah yang melakukan peminjaman atau kredit dapat melakukan angsuran pembayaran denganjumlah angsuran yang tidak berubah selama masa perjanjian tersebut.

Selain dari manfaat di atas yang akan diterima oleh nasabah, tentunya pihak nasabah uga akan diberikan fasilitas menarik di dalamnya. Fasilitas tersebut ialah:

  • Untuk periode kontrak yang berlaku ditentukan oleh nasabah
  • Pembiayaan yang diberikan dapat dalam bentuk valuta rupiah atau US dollar

Jika Anda tertarik dan ingin menjadi nasabah dalam program pembiayaan atau kredit investasi ini, berikut dokumen yang perlu dipersiapkan sebelum mengajukan kredit:

Konsumer, diantaranya:

Pegawai, syaratnya:

  • Identitas diri dan pasangan
  • Kartu keluarga dan surat nikah
  • Slip gaji untuk 2 bulan terakhir
  • SK pengangkatan terakhir
  • Fotocopy rekening bank untuk 3 bulan terakhir
  • Data untuk obyek pembiayaan

Wirausaha, syaratnya:

  • Identitas diri dan pasangan
  • Kartu keluarga dan surat nikah
  • Fotocopy rekening bank untuk 3 bulan terakhir
  • Data untuk obyek pembiayaan
  • Legalitas usaha yang dilakukan
  • Laporan keuangan untuk 2 tahun terakhir
  • Past performance untuk 2 tahun terakhir
  • Rencana keuangan untuk 12 bulan mendatang

Produktif, diantaranya:

Pegawai, syaratnya:

  • Identitas diri dan pasangan
  • Kartu keluarga dan surat nikah
  • SK pengangkatan terakhir
  • Fotocopy rekening bank untuk 3 bulan terakhir
  • Data untuk obyek pembiayaan
  • Legalitas usaha yang dilakukan
  • Laporan keuangan untuk 2 tahun terakhir
  • Past performance untuk 2 tahun terakhir
  • Rencana keuangan untuk 12 bulan mendatang

Wirausaha, syaratnya:

  • Akte pendirian usaha
  • Identitas pengurus
  • Data untuk obyek pembiayaan
  • Legalitas usaha yang dilakukan
  • Laporan keuangan untuk 2 tahun terakhir
  • Past performance untuk 2 tahun terakhir
  • Rencana keuangan untuk 12 bulan mendatang

Untuk pengajuan kedit investasi dari bank Mandiri Syariah ini dapat diajukan dengan langsung mendatangi kantor bank Mandiri Syariah terdekat di wilayah Anda